Ahad 05 May 2024 08:38 WIB

Saudi Tekankan Persatuan Islam dan Dukungan Palestina Pada Persiapan KTT OKI

Arab Saudi mempertegas sikapnya untuk Palestina.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Bendera Arab Saudi
Foto: Reuters/VOA
Bendera Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH — Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Waleed El-Khereiji, mewakili Kerajaan pada pertemuan persiapan para Menteri Luar Negeri menjelang Sesi ke-15 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Islam. Konferensi akan diadakan di Banjul, Gambia, pada 4-5 Mei 2024. 

Wakil Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan, El-Khereiji menyampaikan pidato yang menekankan pencapaian Arab Saudi selama kepemimpinannya di KTT Islam ke-14.

Baca Juga

Dalam pidatonya, El-Khereiji menguraikan upaya Kerajaan untuk mendukung aksi/aksi Islam bersama dan menggarisbawahi peran penting Arab Saudi dalam mengadvokasi tujuan-tujuan dunia Islam, khususnya dalam mempersatukan negara-negara tersebut dan menyampaikan keprihatinan mereka pada platform global, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dilansir dari Saudi Gazette pada Ahad (5/5/2024), tema utama pidatonya adalah dukungan tak tergoyahkan Arab Saudi terhadap perjuangan Palestina, memperkuat sikap Kerajaan tentang hak Palestina atas kenegaraan sebagaimana diakui oleh legitimasi internasional dan Inisiatif Perdamaian Arab.

El-Khereiji juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan solidaritas antar bangsa yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Dia menyerukan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip non-intervensi dalam urusan dalam negeri dan menekankan perlunya upaya kolaboratif untuk menjamin keamanan dan stabilitas di seluruh dunia Islam.

 

 

 

 

sumber : Saudi gazette
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement