Kamis 25 Apr 2024 17:31 WIB

Dukungan Menguat, Dua Kampus di AS Bergabung dalam Unjuk Rasa Pro Palestina

Mahasiswa menuntut universitas mencairkan dana abadinya dari perusahaan pro Israel.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kecaman keras atas genosida Israel terhadap Palestina dari kalangan universitas dunia kian kuat. Menurut laporan Anadolu Agency, dua lagi kampus Amerika Serikat, yakni Brown University di Rhode dan University of Southern California (USC) menyerukan genjatan senjata di Gaza.

Kedua kampus tersebut bergabung dengan universitas lain, termasuk Columbia University. Dilansir dari Middle East Monitor, mereka memantapkan solidaritas untuk Palestina dengan menggelar kemah, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Perkemahan dengan tajuk "Perkemahan Solidaritas Gaza” di Brown menuntut universitas tersebut mencairkan dana abadinya dari semua perusahaan yang mendukung dan mengambil keuntungan dari genosida Gaza dan pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Dilaporkan juga sekitar 100 mahasiswa pro-Palestina di Universitas Texas di Dallas mengadakan aksi duduk di sepanjang lorong yang mengarah ke kantor presiden sekolah hingga Selasa malam. Pekan lalu, mahasiswa Columbia mendirikan perkemahan di South Lawn School yang berakhir dengan penangkapan lebih dari 100 orang.

Penangkapan dilakukan setelah rektor Columbia University Minouche Shafik memerintahkan Departemen Kepolisian New York (NYPD) untuk membubarkan demonstrasi. Awal pekan ini, demonstrasi serupa terjadi di Universitas Yale dan New York.

Ketua DPR Mike Johnson...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement