Selasa 23 Apr 2024 19:57 WIB

Buku Teks Utama Pancasila Disosialisasikan ke Madrasah dan Pesantren

Buku Teks Pancasila berfokus pada penerapan praktis nilai-nilai Pancasila.

Sosialisasi Buku Teks Utama Pancasila di Yogyakarta, Senin (22/4/2024).
Foto: Dok Republika
Sosialisasi Buku Teks Utama Pancasila di Yogyakarta, Senin (22/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi Keynote Speaker dalam Rapat Koordinasi Nasional Strategi Implementasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila di DI Yogyakarta, Senin (22/4/2024).

"BPIP mengundang Bapak/Ibu guru sekalian dalam rangka menyosialisasikan Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila yang disusun bersama Kemendikbudristek dan para pakar pendidikan agar dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di tiap-tiap satuan pendidikan," ujar Yudian.

Baca Juga

Rapat Koordinasi Nasional ini adalah bagian dari tugas BPIP untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia secara terus-menerus. 

"Rakornas ini menjadi sarana untuk memaksimalkan pengimplementasian BTU Pendidikan Pancasila sesuai dengan fakta sejarah kelahiran, perumusan, dan penetapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, pandangan hidup bangsa, dan falsafah dasar bangsa," katanya.

Buku Teks Utama (BTU) berfokus pada penerapan praktis nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan 30 persen materi teori dan 70 persen implementasi praktis yang akan membantu memperkuat pemahaman, keyakinan, dan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan penyatuan bangsa dari generasi ke generasi. 

"Ini merupakan tanggung jawab Kita bersama dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk masyarakat yang religius, menjunjung kebinekaan, demokratis dan bermartabat, memajukan peradaban, serta mewujudkan keadilan sosial," tambahnya.

Sementara, Masmin Afif, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada BPIP atas kerjama dengan Kementerian Agama terkait Pendidikan Pancasila. 

"Ucapan terima kasih kepada BPIP atas kerjasama dengan Kementerian Agama terkait pendidikan Pancasila. Kami mengharapkan agar Kanwil dapat menyosialisasikan kepada seluruh madrasah di wilayahnya untuk menggunakan BTU yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan dan BPIP," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement