Sabtu 06 Apr 2024 07:45 WIB

Beredar Kabar Prof Amien Rais Meninggal, Tasniem Fauzia Rais Tegaskan tidak Benar

Prof Amien Rais masih dalam kondisi sehat

Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Muhammad Amien Rais dikabarkan meninggal dunia.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Muhammad Amien Rais dikabarkan meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Telah beredar kabar, mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Amien Rais meninggal dunia pada Sabtu (6/4/2024). Informasi ini pun beredar di lini masa sejumlah platform media sosial. 

Kabar tersebut dibantah langsung oleh putri Prof Amien Rais, Tasniem Fauzia Rais. Tasniem, menegaskan berita tersebut adalah hoax. Dia menyatakan, ayahnya tersebut dalam kondisi baik-baik saja. “Alhamdulillah sehat mas,” kata dia kepada Republika.co.id, singkat, Sabtu. 

Baca Juga

Sementara itu, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan, menyampaikan bantahan serupa. Dia menyatakan Prof Amien Rais baik-baik saja dan kabar wafatnya tokoh Muhammadiyah tersebut tidak benar. “Tidak jelas yang buat hoax,” kata dia. 

Buya Amirsyah pun mengingatkan masyarakat agar tak mudah percaya dengan kabar burung yang bertebaran, tanpa klarifikasi terlebih dahulu. 

Dia mengingatkan pelaku penyebar hoax agar meninggalkan aksi buruknya. Karena hal itu bertentangan dengan prinsip Islam. Fatwa MUI No 24 Tahun 2017 tentang hukum bermualah di media sosial mengingatkan larangan pengguna media sosial untuk menyebarkan kabar bohong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement