Jumat 05 Apr 2024 08:25 WIB

Subhanallah...Ini yang Dilakukan Ikan-Ikan untuk Orang yang Berpuasa Ramadhan

Allah SWT berikan keistimewaan untuk puasa Ramadhan

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi: Suasana buka puasa bersama. Allah SWT berikan keistimewaan untuk puasa Ramadhan
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi: Suasana buka puasa bersama. Allah SWT berikan keistimewaan untuk puasa Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2024 yang sebentar lagi akan berlalu. 

Nabi Muhammad SAW menyampaikan kabar gembira kepada umatnya bahwa ikan-ikan beristighfar bagi orang yang berpuasa di bulan puasa Ramadhan. 

Baca Juga

Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi rahmatullah alaih dalam Kitab Fadhilah Ramadhan menyampaikan bahwa ikan-ikan akan beristighfar untuk orang-orang yang sedang berpuasa. Maksudnya, banyak makhluk yang akan mendoakan orang yang sedang berpuasa.

Hal ini banyak dikemukakan dalam berbagai riwayat. Sebagian riwayat menyebutkan bahwa para malaikat akan memohonkan ampunan baginya.

Syekh Muhammad llyas rahmatullah 'alaih berkata, "Memang benar bahwa ikan-ikan akan mendoakannya, karena Allah SWT telah berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمٰنُ وُدًّا

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa cinta (dalam hati) mereka. (QS Maryam Ayat 96)

Sebuah hadits menyebutkan bahwa jika Allah SWT mencintai seorang hamba-Nya, maka Allah SWT akan berfirman kepada Malaikat Jibril alaihissalam, "Aku mencintai orang itu, hendaknya kamu juga mencintainya."

Lalu, Malaikat Jibril mencintai orang itu dan mengumumkan kepada penduduk langit, "Allah SWT mencintai orang itu, hendaknya kalian juga mencintainya." Maka semua penduduk langit akan mencintainya. Kemudian kecintaan kepada orang itu akan menyebar ke seluruh bumi.

Padahal, biasanya cinta itu hanya dimiliki oleh orang-orang yang ada di dekatnya, tetapi cinta ini akan menyebar kemana-mana. Makhluk yang akan mencintainya bukan hanya yang tinggal di dekatnya saja, bahkan binatang-binatang yang ada di sungai pun akan mencintainya dan mendoakannya.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement