Kamis 04 Apr 2024 14:57 WIB

Siapa Saja Sponsor Ritual Pengorbanan Sapi Merah Yahudi?

Penyembelihan sapi merah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Israel.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Orang Yahudi menonton sapi merah yang ditempatkan di Shilo, sebuah permukiman ilegal Israel di dekat kota Nablus, Palestina.
Foto:

Para rabi Yahudi menganggap sapi merah sebagai salah satu rahasia Taurat dan abunya akan menyucikan orang Yahudi dari dosa dan najis. Orang-orang Yahudi mengklaim selama lebih dari 2000 tahun, seekor sapi merah dengan spesifikasi seperti itu belum pernah dilahirkan. Artinya, dalam 2000 tahun itulah akan lahir sapi merah.

Ketika orang-orang Yahudi menunggu kelahiran sapi merah, pemerintah Israel menggunakan The Temple Institute untuk menemukan sapi tersebut. Institusi atau organisasi Yahudi ini telah berdiri pada 1987 dan memperoleh dana sumbangan besar dari Zionis lokal dan Kristen Evangelis.

Juru Bicara Brigade Al-Qassam sayap militer Hamas, Abu Ubaidah, pun telah menyinggung ihwal organisasi paling terkemuka yang mendukung American Temple Institute untuk mendapatkan Sapi Merah adalah BUNA dan Institut Mikdash. Abu Ubaidah menyampaikan hal tersebut melalui tayangan video yang diunggah pada 14 Januari 2023 lalu dan terbetik di berbagai media massa Timur Tengah.

BUNA adalah organisasi Israel yang terdiri dari umat Kristen evangelis dan sayap kanan, yang dipimpin oleh Tzachi Memo. Sedangkan Institut Mikdash dipimpin oleh Rabbi Yisrael Ariel, yang merupakan sponsor spiritual Menteri Itamar Ben Gvir.

Pelaksanaan ritual penyembelihan sapi merah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Israel. Hal ini diungkap oleh Juru Bicara Gubernur Palestina di Kota Pendudukan Yerusalem, Marouf Al Rifai. Dia menyebutkan, sebagian kementerian dan pemerintah Israel telah mengalokasikan dana untuk mendukung proyek pendirian Kuil Ketiga di Bukit Bait Suci (Jabal Haykal).

Dimensi keagamaan alkitabiah (taurat) yang...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement