Jumat 15 Mar 2024 23:23 WIB

Satu Amalan di Dunia yang Dijadikan Tanda Calon Penghuni Surga

Allah SWT berikan pahala surga untuk orang beriman

Ilustrasi Surga. Allah SWT berikan pahala surga untuk orang beriman
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Allah SWT berikan pahala surga untuk orang beriman

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-Memberi makan orang miskin dan menjenguk orang sakit merupakan salah satu amalan yang dapat menjadikan seorang masuk Surga. 

Seperti dikutip dari Syarah 10 Hadits Qudsi Pilihan disusun Abu Hafizhah Irfan, diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: 

Baca Juga

عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «مَن أصبح منكم اليوم صائمًا؟» قال أبو بكر رضي الله عنه: أنا، قال: «فمن تَبِعَ منكم اليوم جنازةً؟» قال أبو بكر رضي الله عنه: أنا، قال: «فمن أطعم منكم اليوم مسكينًا؟» قال أبو بكر رضي الله عنه: أنا، قال: «فمن عاد منكم اليوم مريضًا؟» قال أبو بكر رضي الله عنه: أنا، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ما اجتمعن في امرئٍ إلا دخل الجنة». 

“Siapa di antara kalian yang pagi ini berpuasa?” Abu Bakar radhiyallahuanhu berkata, “Saya.” Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa di antara kalian yang hari ini telah mengantarkan jenazah?” Abu Bakar radhiyallahuanhu berkata, “Saya.” Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa di antara kalian yang hari ini telah memberi makan orang miskin?” Abu Bakar radhiyallahuanhu berkata, “Saya.” Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa di antara kalian yang hari ini telah menjenguk orang sakit?” Abu Bakar radhiyallahuanhu berkata, “Saya.” Maka Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah berkumpul (amalan tersebut) pada diri seseorang, melainkan ia akan masuk Surga.” (HR Muslim)

Sehingga di antara sifat orang-orang penghuni Surga yang disebutkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam Alquran adalah suka memberikan makan kepada orang miskin. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, 

وَيُطْعِمُوْنَ الطَّعَامَ عَلٰى حُبِّهٖ مِسْكِيْنًا وَّيَتِيْمًا وَّاَسِيْرًا . اِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللّٰهِ لَا نُرِيْدُ مِنْكُمْ جَزَاۤءً وَّلَا شُكُوْرًا

“Mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan. (Mereka berkata), “Sesungguhnya kami memberi makanan kepada kalian hanyalah untuk mengharapkan Wajah Allah (SubhanahuwaTa'ala), kami tidak mengharapkan dari kalian balasan dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (QS. Al-Insan ayat 8-9)

photo
Enam golongan orang yang masuk surga (ilustrasi) - (republika)

 

sumber : Dokumentasi Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement