Rabu 06 Mar 2024 21:40 WIB

Apa Jadinya Manusia Mengingkari Nikmat Allah SWT, Begini Penjelasan Alquran

Nikmat Allah SWT bisa hilang tanpa dirawat

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (ilustrasi). Nikmat Allah SWT bisa hilang tanpa dirawat
Foto:

Keutamaan syukur

Ada sejumlah keutamaan syukur. Alquran juga mengutarakan beberapa keutamaan syukur yaitu pertama, syukur adalah faktor untuk meningkatkan rezeki dan keberkahan dalam hidup. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim ayat 7)

Baca juga: Prasasti Ini Ungkap Kebenaran Alquran tentang Bangsa Samud, Aad, dan Iram

Kedua, bersyukur kepada Allah SWT juga merupakan salah satu cara untuk menangkal malapetaka, keburukan maupun musibah. Allah SWT berfirman:

مَا يَفْعَلُ اللّٰهُ بِعَذَابِكُمْ اِنْ شَكَرْتُمْ وَاٰمَنْتُمْۗ وَكَانَ اللّٰهُ شَاكِرًا عَلِيْمًا ۔

"Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui." (QS An Nisa ayat 147)

Ketiga, selain itu, bersyukur kepada Allah SWT akan mendatangkan kecintaan-Nya dan mendapatkan ampunan dari segala dosa. Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Mahapengampun, Mahapenyayang." (QS. Ali Imran ayat 31).

 

photo
3 Manfaat Mensyukuri Nikmat Allah SWT (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement