Selasa 05 Mar 2024 15:21 WIB

Baznas Ternate Salurkan Bantuan Rp 538 Juta ke 2.020 Warga

Bantuan ini ditujukan untuk membantu para warga menghadapi bulan suci Ramadhan.

Baznas saat menyalurkan bantuan berupa uang tuna sebanyak 2.020 warga kota Ternate, Selasa (5/3/2024).
Foto: ANTARA/Abdul Fatah
Baznas saat menyalurkan bantuan berupa uang tuna sebanyak 2.020 warga kota Ternate, Selasa (5/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Sebanyak 2.020 warga kota Ternate, Maluku Utara menerima bantuan uang tunai yang disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate di Masjid Agung Al-Munawar Ternate.

"Penyerahan bantuan dana ini ditujukan kepada para penerima manfaat zakat, yakni para imam dan badan sara’a masjid dan mushala, serta keluarga miskin di Kota Ternate," kata Sekretaris Kota Ternate Rizal Marsaoly, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga

Penyerahan bantuan secara simbolis disaksikan Ketua Baznas, Kepala Kantor Agama Kota Ternate, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta unsur Forkopimda Kota Ternate.

Wakil Ketua Baznas Kota Ternate Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Ustadz Saleh Sakola kepada wartawan menjelaskan bantuan yang diberikan ini terdiri atas bantuan kepada para imam dan badan sara’a masjid mushala sebanyak 670 orang, dan warga kurang mampu sebanyak 1.350 orang.

 

“Total 2.020 orang. Dan ini tersebar dalam Kota Ternate serta Pulau Hiri dan Pulau Moti,” katanya.

Saleh Sakola juga mengungkapkan, total dana yang disalurkan sebesar Rp 538.500.000, yang terdiri atas Rp 201 juta disalurkan kepada para imam dan badan sara’a serta Rp 337.500.000 kepada warga kurang mampu.

Bantuan ini sendiri ditujukan untuk membantu para warga menghadapi bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Sumber dana untuk penyaluran ini merupakan hasil dari penghimpunan dana zakat masyarakat yang disetor lewat Baznas Kota Ternate.

Diharapkan, tahun ini dan tahun-tahun mendatang akan semakin banyak warga Kota Ternate yang menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Baznas Kota Ternate sehingga semakin banyak pula warga kurang mampu yang bisa dibantu.

Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Kerja Sama Baznas Kota Ternate Nardiansyah Noor menuturkan, sesuai arahan wali kota Ternate, bantuan Baznas tidak saja disalurkan kepada umat Islam.

Melalui pengumpulan DSKL (Dana Sosial Keagamaan Lainnya) pada kondisi tertentu Baznas Kota Ternate juga dapat menyentuh warga non-Muslim. “Kita semua warga kota tidak membedakan agama apapun. Di mana ada kebutuhan, Baznas Kota Ternate akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu meringankan beban sesama warga,” kata Nardiansyah.

Pada akhir tahun 2023 lalu Baznas Kota Ternate melalui Program RLHB (Rumah Layak Huni Baznas) telah melakukan perbaikan terhadap 15 unit rumah. Salah satu rumah yang masuk program ini berada di Kelurahan Mayau, Kecamatan Batang Dua.

Dalam peninjauan ke lokasi pada Desember 2023, Ketua Baznas Kota Ternate dan wali kota Ternate menyempatkan untuk menyerahkan puluhan paket sembako kepada warga di sejumlah kelurahan di Kecamatan Batang Dua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement