Ini Perkiraan Awal Ramadhan di 22 Negara Dunia

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 02 Mar 2024 10:05 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Nikola Solic Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Islam. Karena di Ramadhan juga memperingati turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW.

Ramadhan 1445 H/2024 akan jatuh pada Maret ini. Namun, awal Ramadhan masing-masing negara berbeda-beda. Kendati demikian, perbedaan tersebut bukan persoalan yang mesti diperdebatkan. Sebab sejatinya di Ramadhan adalah waktu tepat merefleksikan diri dan bersyukur.

Baca Juga

Ramadhan juga waktu yang tepat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itu aktivitas umat Islam beramal pada bulan Ramadhan biasanya meningkat. Banyak orang menjadikan Ramadhan sebagai kesempatan meningkatkan keimanan.

Ramadhan yang merupakan bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah ini merupakan waktu tepat meningkatkan pengabdian kepada Allah, memperbanyak amal serta memohon ampunan.

Pada bulan Ramadhan umat Islam akan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh dan sholat tarawih. Umat Islam mengawali puasa dengan sahur.

Berdasarkan prediksi astronomi, Ramadhan 2024 diperkirakan dimulai pada 11 Maret 2024 dan berakhir pada 9 April 2024. Namun, tanggal pasti Ramadhan mungkin sedikit berbeda tergantung penampakan bulan di masing-masing wilayah.

Awal Ramadhan 2024 di dunia...

Terpopuler