Selasa 27 Feb 2024 21:05 WIB

Israel Naikkan Pajak dan Menambah Utang Rp 939 Trilliun

Kenaikan pajak Israel disebabkan oleh perang.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Penampakan Rumah Sakit Anak Al Nasr yang hancur total di Kota Gaza, Jumat (16/2/2024). Rumah Sakit Anak Al Nasr rusak total akibat serangan Israel. Jenazah bayi dan anak-anak ditemukan membusuk di unit perawatan intensif Rumah Sakit Anak Al Nasr di Gaza setelah penarikan tentara Israel dari daerah tersebut.
Foto: Karam Hassan/Anadolu via Reuters
Penampakan Rumah Sakit Anak Al Nasr yang hancur total di Kota Gaza, Jumat (16/2/2024). Rumah Sakit Anak Al Nasr rusak total akibat serangan Israel. Jenazah bayi dan anak-anak ditemukan membusuk di unit perawatan intensif Rumah Sakit Anak Al Nasr di Gaza setelah penarikan tentara Israel dari daerah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,TEL AVIV — Dibebani oleh perang di Gaza, Israel akan menaikkan pajak di tahun ini untuk menopang pengeluaran militer tambahan atas serangannya di kantong Palestina. Pemerintah Israel akan mengambil hutang sebanyak 60 miliar dolar AS (Rp 939 triliun).

 Menurut laporan Financial Times, pada tahun 2024, untuk sementara Israel akan berhenti mempekerjakan pekerjaan sektor publik, dan meningkatkan pajak hingga hampir menggandakan pengeluaran pertahanannya setelah lebih dari empat bulan perang di Gaza. Pengeluaran militer akan meningkat 85 persen dibandingkan dengan pengeluaran sebelum perang, yang berarti tambahan 55 miliar shekel, atau sekitar 15 miliar dolar AS (Rp 234 triliun).

Baca Juga

Di antara langkah-langkah tersebut adalah mendemobilisasi pasukan yang bergabung dengan tentara setelah perang 7 Oktober. Lebih dari 300 ribu cadangan dipanggil untuk bergabung dengan militer saat Israel menyatakan perang, mengerahkan sebagian besar pasukan di dan sekitar Jalur Gaza serta perbatasan utara negara dengan Lebanon, yang telah mengalami bentrokan senti dengan hizbullah.

Cadangan itu selain kekuatan militer aktif Israel sebesar 150 ribu, merupakan persentase yang signifikan dari pasar tenaga kerja Israel.

Dilansir dari New Arab, Selasa (27/2/2024), sektor-sektor seperti pariwisata telah terpukul, karena banyak maskapai penerbangan membatalkan penerbangan ke bandara Ben Gurion dan peringatan perjalanan tetap berlaku.

PDB Israel menyusut hampir seperlima pada kuartal terakhir tahun 2023, dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, menurut angka resmi yang diterbitkan minggu lalu. Itu adalah satu-satunya kuartal terburuk bagi ekonomi Israel dalam hal PDB per kapita sejak kuartal pembukaan pandemi Covid pada awal 2020.

Dengan tidak ada akhir yang terlihat dari kekerasan, Israel mencari sumber pendapatan tambahan, meskipun kemarahan publik yang semakin meningkat terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pemerintahan garis kerasnya.

Perusahaan keuangan Moody's menurunkan peringkat kredit Israel dari "stabil" menjadi "negatif" awal bulan ini, mengutip dampak dari perang Gaza yang sedang berlangsung.

Penurunan peringkat dibanting oleh menteri keuangan ekstremis Israel, Bezalel Smotrich, menyebutnya "dipolitisasi dan tidak masuk akal".

Peperangan yang dimulai pada 7 Oktober tahun lalu, telah menyebabkan wampir 30 ribu orang meninggal dunia di jalur gaza Palestina. Kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, kata kementerian kesehatan Gaza.

Sebagian besar wilayah telah direduksi menjadi puing-puing, dan organisasi kemanusiaan memperingatkan bahwa ribuan lainnya bisa mati dalam beberapa bulan mendatang karena kelaparan dan penyebaran penyakit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement