Rabu 07 Feb 2024 10:16 WIB

5 Perkara Ini Bisa Akibatkan Rezeki tak Stabil Cenderung Drop, Berhati-hati Selalu

Rezeki merupakan salah satu rahasia yang hanya diketahui Allah SWT

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Buruh Indonesia bekerja (ilustrasi). Rezeki merupakan salah satu rahasia yang hanya diketahui Allah SWT
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Buruh Indonesia bekerja (ilustrasi). Rezeki merupakan salah satu rahasia yang hanya diketahui Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT memastikan turunnya rezeki bagi setiap hamba-Nya. Bahkan binatang sekalipun mendapatkan rezeki Allah SWT.

Dalam Surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ  فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

Riwayat hadits juga menjelaskan soal kepastian rezeki bagi setiap hamba. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah Al Bahili, Nabi Muhammad SAW bersabda:

إنَّ رُوحَ القُدُسِ نفثَ في رُوعِي، أنَّ نفسًا لَن تموتَ حتَّى تستكمِلَ أجلَها، وتستوعِبَ رزقَها، فاتَّقوا اللهَ، وأجمِلُوا في الطَّلَبِ، ولا يَحمِلَنَّ أحدَكم استبطاءُ الرِّزقِ أن يطلُبَه بمَعصيةِ اللهِ، فإنَّ اللهَ تعالى لا يُنالُ ما عندَهه إلَّا بِطاعَتِهِ)

"Sungguh ruh qudus (Jibril) telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai telah sempurna rezekinya. Maka bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah cara menjemput rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak akan diperoleh kecuali dengan taat kepada-Nya." (HR Abu Nu'aim, tercantum dalam Shahih Al Jami')

Namun, ada sejumlah hal yang patut menjadi perhatian, karena bisa mencegah atau mempersempit turunnya rezeki kepada seorang hamba. Alquran dan hadits telah memberi pesan terkait perbuatan yang bisa mencegah rezeki turun. Berikut penjelasannya.

1. Tidak berdoa dengan sungguh-sungguh 

Suatu hari Nabi Muhammad SAW memasuki masjid dan menemukan Abu Umamah sendirian dan tampak cemas dan tertekan. Dia mengatakan kepada Rasul, "Kecemasan dan utang membebani aku." Lalu Nabi SAW mengajarkan kepadanya tentang doa agar dijauhkan berbagai hal yang buruk.

Nabi SAW memintanya untuk mengucapkan doa berikut ini di saat mau tidur dan selepas bangun tidur:

اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن ، وأعوذ بك من العجز والكسل ، ومن الجبن والبخل ، وأعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال ،

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kecemasan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan dari ketakutan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari penindasan." (HR Abu Daud)

2. Memutus ikatan silaturahim

Putusnya ikatan silaturahim, dalam hal ini ikatan kekerabatan keluarga, juga menjadi salah satu penyebab yang mencegah rezeki turun. 

Seperti sulit mencari nafkah dan sulit dalam berwirausaha. Karena itu, faktor ini perlu direnungi setiap Muslim yang sedang dirundung kesulitan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement