Ahad 04 Feb 2024 19:13 WIB

Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Kader Muhammadiyah di Malaysia

Relawan Bergerak 1912 mengajak untuk mendukung Prabowo-Gibran dengan riang gembira.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erik Purnama Putra
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Bergerak 1912 di Malaysia mendeklarasikan dukungan untuk capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Gerakan tersebut disusun dari sebagian kader angkatan muda Muhammadiyah di kawasan Kuala Lumpur, Selangor, dan Pahang.

Sekretaris Jenderal Relawan Bergerak 1912, Baikuni Alsafa, menyebutkan deklarasi tersebut sebagai bentuk kesiapan mempertahankan suara pendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019 di Malaysia agar mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.Baikuni menyebutkan, jarak tidak menjadi halangan untuk tetap solid memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

"Kami telah berada di jalan yang benar untuk memberikan dukungan ke Pak Prabowo yang ikhlas dalam menjalankan konstitusi dan Mas Gibran sebagai perwakilan kaum muda yang inspiratif dan peka terhadap isu-isu kepemudaan," kata Baikuni dalam keterangan pers di Jakarta pada Ahad (4/2/2024).

Baikuni menjelaskan, sukarelawan dalam Bergerak 1912 terdiri dari Tenaga Kerja Indonesia dan mahasiswa sekaligus kader Muhammadiyah di Malaysia. Baikuni menyampaikan kepada para sukarelawan untuk mengedepankan politik yang gembira.

"Bergerak 1912 mengajak untuk mendukung Prabowo dan Gibran dengan perasaan riang gembira karena itu tim-tim kampanye dalam kampanyenya harus benar mencerminkan kegembiraan itu," ujar Baikuni.

Koordinator Bergerak 1912 Malaysia, Abu Hanif menyatakan pihaknya terus melakukan konsolidasi yang melibatkan sukarelawan di seluruh Malaysia. Abu Hanif berharap sukarelawan Bergerak 1912 mampu menjaga kemenangan Prabowo-Gibran serta menginginkan pasangan itu menang dalam satu putaran.

"Secara kelembagaan memang tidak ada dukungan, misalnya dari Ikatan mahasiswa Muhammadiyah atau Ikatan Pelajar Muhammadiyah, sama sekali tidak ada dukungan. Namun, kader-kader yang memiliki afiliasi politik secara personal atau ingin bekerja secara personal dirinya itu yang kami libatkan," ujar Abu Hanif.

Deklarasi dukungan ini diketahui dilakukan di Dewan Sultan Sulaiman Kampung Bharu, Kuala Lumpur, Malaysia pada Ahad (4/2/2024).

Sebelumnya, Angkatan Muda Muhammadiyah resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran melalui deklarasi kelompok relawan Bergerak 1912 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Sabtu (23/12/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement