Ahad 04 Feb 2024 17:23 WIB

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia Deklarasi Dukungan untuk Anies-Muhaimin

Naskah deklarasi KAMI Liintas Provinsi diberikan pada Ketua Harian Timnas AMIN.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan warga dalam acara Desak dan Slepet AMIN di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (30/1/2024).  Desak dan Slepet AMIN kali ini berdialog dengan kaum buruh dan para pengemudi ojek online. Pada kesempatan yang sama, musisi legendaris Rhoma Irama turut hadir sekaligus mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan warga dalam acara Desak dan Slepet AMIN di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (30/1/2024). Desak dan Slepet AMIN kali ini berdialog dengan kaum buruh dan para pengemudi ojek online. Pada kesempatan yang sama, musisi legendaris Rhoma Irama turut hadir sekaligus mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Lintas Provinsi mendeklarasikan dukungan kepada paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN'. KAMI Lintas Provinsi menilai visi misi perubahan AMIN sejalan dengan spirit KAMI untuk, diantaranya mengembalikan marwah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KAMI Lintas Provinsi merupakan gerakan moral dari aliansi masyarakat sipil dengan kepengurusan di 15 provinsi di Indonesia. Yakni KAMI Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatra Utara, Riau, Kalimantan Barat, Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Aceh, Sumatra Barat.

Baca Juga

Sekretaris Presidium KAMI Lintas Provinsi Sutoyo Abadi mengatakan, pihaknya telah berijtihad politik dengan tetap berpegang teguh pada jati diri untuk menyelamatkan dan menjaga Indonesia agar sesuai dengan arah dan tujuan berbangsa dan bernegara. Dia menyebut telah melakukan pendalaman terhadap paslon dalam Pilpres 2024 hingga akhirnya menjatuhkan pilihan pada AMIN.

"Setelah lama mengkaji, menimbang dan mengamati, akhirnya KAMI Lintas Provinsi menjatuhkan pilihan untuk mendukung paslon nomor urut 1 AMIN," kata Suyoto di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Ahad (4/2/2024).

Sutoyo mengatakan, KAMI Lintas Provinsi melakukan kajian terhadap rekam jejak dan visi misi para capres-cawapres. Visi misi perubahan AMIN dianggap yang sejalan.

"Kami mencermati dan mengkaji rekam jejak maupun visi misi paslon capres-cawapres nomor urut 1 yang secara mendasar ingin melakukan perubahan secara konsisten, sangat dekat dan sejalan dengan jati diri maupun visi dan misi KAMI," ujar dia.

Sutoyo menyebut, KAMI Lintas Provinsi akan berjuang untuk memenangkan AMIN pada Pilpres 2024. Ia meminta KAMI kabupaten/kota dari setiap provinsi serta seluruh organisasi dan tokoh personal deklarator maupun jejaring pendukung untuk pemenangan AMIN.

Naskah deklarasi KAMI Lintas Provinsi yang dibacakan dalam kesempatan itu diberikan kepada Co-Captain sekaligus Ketua Harian Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN Sudirman Said.

Sutoyo menyampaikan, tidak hanya mendukung, KAMI Lintas Provinsi juga meminta komitmen dan janji politik AMIN. Seperti menempatkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, meluruskan format demokrasi yang meletakkan kekuasaan tertinggi pada kedaulatan rakyat.

KAMI Lintas Provinsi juga meminta AMIN untuk memberantas semua bentuk tindak dan perilaku koruptif secara tegas dan cepat dan mengembalikan marwah dan kewibawaan KPK. Kemudian menghapus dan mencegah praktik dinasti politik, oligarki ekonomi dan politik, kleptokrasi, dan segala bentuk penyelewengan/penyalahgunaan kekuasaan.

Sementara itu, Sudirman Said menyampaikan dukungan KAMI Lintas Provinsi akan menguatkan suara pemilih Anies-Muhaimin. Menurutnya, isi naskah deklarasi KAMI Lintas Provinsi banyak yang sudah tercantum dalam visi misi AMIN.

"Tinggal kita kawal bersama-sama. Karena itu betul harus ada pesan (poin perhatian dari KAMI Lintas Provinsi). Bila ke depan ditakdirkan menjadi presiden dan wakil presiden, bila ada tanda-tanda menyimpang, maka kita ingatkan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement