Sabtu 03 Feb 2024 07:04 WIB

7 Cara Memperlancar Rezeki Secara Terus Menerus, Semua Langkah Simpel Sekali

Islam memberikan panduan untuk mencari rezeki

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi mencari rezeki.  Islam memberikan panduan untuk mencari rezeki
Foto: Mahmud Muhyidin
Ilustrasi mencari rezeki. Islam memberikan panduan untuk mencari rezeki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Manusia membutuhkan bantuan Allah SWT dalam segala urusan mereka di dunia. Karena, Allah SWT dalam adalah pencipta mereka dan pemberi rezeki bagi seluruh umat manusia. 

Dialah yang mempunyai kekuasaan, kemampuan dan kekuatan yang tak terhingga. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti. Dalam Alquran surat Az-Zariyat ayat 58 disebutkan:

Baca Juga

اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِيْنُ

Artinya: "Sesungguhnya Allahlah Mahapemberi Rezeki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kukuh." 

 

Ada begitu banyak ajaran dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang cara memperbanyak rezeki. Tapi,  inilah 7 cara yang utama untuk memperlancar rezeki dan membuat rezeki mengalir terus menerus. 

1. Bersedekah

Berdedekah adalah kunci untuk mendapatkan lebih banyak. Ali bin Abi Thalib dalam Nahjul Balagha menyatakan, jika kamu bersedekah maka kamu memperoleh rezeki.

Suatu ketika seorang alim panutan dari kalangan Ahlul Bait Nabi SAW, Ja'far ash-Shadiq bertanya kepada putranya Muhammad, "Berapa banyak uang yang kita punya?".

Dia menjawab, "40 dinar". Lalu Ja'far ash-Shadiq berkata, "Baiklah, berikan itu dalam sedekah."

Putranya berkata lagi, "Tapi Anda tidak punya lagi." 

Ja'far ash-Shadiq menjelaskan, "Kunci rezeki adalah sedekah." 

Setelah beberapa hari kemudian, Ja'far ash-Shadiq menerima empat ribu dinar karena sebuah transaksi, lalu berkata, "Kami memberi Tuhan 40 dinar dan dia memberi kami 4000."

2. Bersyukur

Bersyukur kepada Allah SWT dan mengungkapkan rasa syukur melalui perkataan dan tindakan secara terus menerus juga merupakan salah satu cara untuk mendatangkan rezeki. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: "(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.” (QS Ibrahim [14]:7).

3. Sholat malam 

Ja'far ash-Shadiq diriwayatkan pernah berkata: "Barangsiapa mengaku sedang shalat malam namun masih membutuhkan, maka ia adalah pembohong. Allah telah menjadikan sholat malam sebagai rezeki pada hari itu." 

Jumlah sholat malam yang dianjurkan adalah 11 rakaat dan bisa dilakukan kapan saja di malam hari. Setelah sholat malam jangan lupa untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar bisa mendapatkan rezeki yang banyak. 

4. Istighfar

Beristighfar atau memohon ampun kepada Allah SWT merupakan salah satu cara untuk mendatangkan rezeki. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: 

يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ

Artinya: "(Jika kamu memohon ampun,) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu," (QS Nuh [71]:11). 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement