Senin 29 Jan 2024 16:05 WIB

Misteri Tower 22 di Yordania

Angkatan Bersenjata Yordania salah satu penerima bantuan pendanaan militer AS.

Rep: Lintar Satria/ Red: Setyanavidita livicansera
Konvoi bantuan kemanusiaan Yordania memasuki Jalur Gaza dari Mesir di Rafah pada Senin, 20 November 2023.
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Konvoi bantuan kemanusiaan Yordania memasuki Jalur Gaza dari Mesir di Rafah pada Senin, 20 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tiga tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan drone ke pos terdepan Yordania yang dikenal sebagai Tower 22. Masih banyak misteri seputar pangkalan tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat diketahui mengenai Tower 22.

Lokasi

Baca Juga

Tower 22 berada di lokasi strategis penting di Yordania. Terletak di ujung utara Yordania di perbatasan Suriah dan Irak.

Tujuan

Masih terlalu sedikit yang diketahui mengenai pangkalan itu. Tapi tampaknya salah satu fungsinya adalah logistik dan menampung 350 tentara Angkatan Darat dan Udara AS.

Tower 22 terletak di garnisun Al Tanf yang terletak di sepanjang perbatasan Suriah dan tempat tinggi sejumlah pasukan AS. Tanf sangat penting dalam upaya memerangi ISIS dan mengambil peran bagian dari strategi AS menahan pembangunan militer Iran di timur Suriah.

Letak Tower 22 cukup dekat dengan pasukan AS di Tanf yang berpotensi membantu mereka. sekaligus berpotensi melawan milisi yang didukung Iran di daerah tersebut dan memungkinkan pasukan untuk mengawasi sisa-sisa ISIS di wilayah tersebut.

Pasukan AS di Yordania

Angkatan Bersenjata Yordania salah satu penerima bantuan pendanaan militer AS. Negara itu memiliki ratusan pelatih militer AS dan salah satu sekutu Washington di Timur Tengah yang menggelar latihan bersama pasukan AS sepanjang tahun.

Sejak konflik Suriah pecah pada 2011 lalu Washington menghabiskan ratusan juta dolar AS untuk membantu Amman membangun sistem pengawasan yang rumit yang dikenal sebagai Program Keamanan Perbatasan untuk membendung penyusupan militan dari Suriah dan Irak.

Hal-hal yang Tidak Diketahui

Belum diketahui jenis senjata apa yang disimpan di pangkalan itu, pertahanan udara yang digunakannya, dan apa yang sebenarnya terjadi.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement