Senin 22 Jan 2024 21:44 WIB

Pembangunan Masjid Harus Sejalan dengan Pembangunan Keumatan

Masjid jangan hanya dibangun untuk bermegah-megahan.

Wisatawan melintasi halaman masjid Agung di  kompleks Istana Kesultanan Alwatziekhoebillah Sambas, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Istana yang dibangun  pada pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim pada tahun 1933 tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di provinsi Kalimantan Barat. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Foto: Antara/Anis Efizudin
Wisatawan melintasi halaman masjid Agung di kompleks Istana Kesultanan Alwatziekhoebillah Sambas, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Istana yang dibangun pada pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim pada tahun 1933 tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di provinsi Kalimantan Barat. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMBAS --Bupati Sambas, Kalimantan Barat Satono menjelaskan bahwa dengan terus hadir dan berdirinya masjid di sejumlah daerah juga harus sejalan dengan pembangunan keumatan.

“Harapan saya masjid yang dibangun bukan untuk bermegahan. Tapi yang terpenting masjid yang dibangun nanti bisa betul-betul bermanfaat bagi pembangunan umat dan peningkatan SDM, " ujarnya saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Baca Juga

Ia juga mengajak kepada seluruh warga untuk dapat memakmurkan masjid baik itu shalat maupun kegiatan keagamaan yang lain sehingga ke depan akan melahirkan generasi yang alim, berakhlak karimah, taat serta berbakti kepada orang tua bangsa dan negara.

“Pesan saya kepada seluruh masyarakat untuk dapat memakmurkan masjid bukan hanya dengan shalat tapi dengan kegiatan lain seperti Taman Pendidikan Alquran (TPQ). saya yakin dengan mengajarkan ilmu agama kepada usia dini Insyaallah akan lahir generasi yang alim, berakhlak karimah , yang taat serta berbakti kepada orang tua, bangsa dan negara," jelas dia.

 

Sebelumnya Bupati Sambas Satono meletakkan batu pertama Pembangunan Masjid Jami’ Baiturrahman di Desa Pancur, Kecamatan Tangaran.

Dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terkait atas terlaksananya peletakan batu pertama pembangunan Mesjid dan Pemerintah Kabupaten Sambas menyambut baik serta turut mendukung pembangunan masjid tersebut.

“Saya menyambut baik dengan masyarakat pancur ini yang bersedia mewakafkan tanahnya untuk pembangunan Masjid Jami Baiturrahman. Tentu ini sejalan dengan visi misi Sambas berkemajuan poin pertamanya adalah beriman," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement