Ahad 21 Jan 2024 13:43 WIB

Hanya Islam yang Dijamin Langsung Oleh Allah SWT, Mengapa Demikian?

Islam adalah agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi agama Islam. Islam adalah agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW
Foto: EPA-EFE/FEHIM DEMIR
Ilustrasi agama Islam. Islam adalah agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Alquran sebagai sumber hukum mengandung tuntutan yang sesuai dengan fitrah manusia dalam hidupnya. 

Alquran sebagai sumber hukum, sumber kebenaran, sumber ilmu, dan pedoman hidup manusia. Karena itu, tidak ada jalan lain bagi umat Islam selain tunduk dan mengikuti tuntutan Alquran. 

Baca Juga

Dengan meng ikuti Alquran, maka akan da tang petunjuk dan rahmat Allah serta akan memperoleh kabar gembira. Islam memang ajaran yang paling sempurna.    

Tidak ada kitab suci manapun dan undang-undang di dunia yang dalam kitabnya sendiri mengatakan bahwa kitab atau undang-undang ini telah sempurna, selain kitab suci Alquranul Karim. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 3 yang berbunyi: 

 

 الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ

‘’Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk ka mu agamamu, dan telah Kucu kupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhoi Islam jadi agamamu.”  

Dengan demikian, yang mengatakan bahwa Islam telah sempurna adalah Allah SWT secara langsung di dalam Alquran. Karena tiga aspek telah sempurna dan tidak bisa dipisahkan, yaitu Islam, Alquran, dan Nabi Muhammad SAW yang telah benar-benar lengkap dan sempurna syariat dan ajarannya. 

Kebenaran ajaran Islampun up to date hingga akhir zaman. Karenanya, Islam mampu menjawab tantangan maupun tuntutan zaman. Hal inipun sudah mendapat jaminan dari Rasulullah SAW dalam sabdanya: 

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا لَنْ تَضِلُّوا أَبَدًا كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ.

‘’Aku telah meninggalkan bagimu dua perkara, yang apabila kalian berpegang kepada keduanya tentu tidak akan tersesat, yaitu kitab Allah (Alquran) dan sunnah Rasul (Al Hadits).’‘ 

Allah SWT menurunkan ajaran Islam bukan hanya kehidupan akhirat saja, melainkan juga membimbing manusia hidup sejahtera, aman, dan damai di dunia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Qashash ayat 77 yang berbunyi: 

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ 

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.’‘

Baca jug: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

Islam telah mengatur berbagai aspek kehidupan manusia dari yang terkecil sampai paling besar. Sejak cara tidur, makan, berumah tangga, bertetangga, mencari ilmu, mencari nafkah, mengurus jenazah, memilih pemimpin, hingga mengatur negara. Bahkan, hal kecil seperti bersinpun ada adabnya. 

Orang yang bersin mengucapkan Alhamdulillah, yang mendengarkan menjawab Yarhamukallah, lalu yang bersin menjawab lagi yahdikumullah. Dalam Alquran surat Al Isra ayat 9 yang berbunyi: 

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

‘’Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus (benar) dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi mereka adalah pahala yang besar.’‘          

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement