Kamis 18 Jan 2024 18:45 WIB

UIN Ar Raniry Hadirkan Program Paket Subuh Tarbawi-Wasathi

UIN Ar Raniry berkomitmen untuk menguatkan moderasi beragama.

Rektor UIN Ar Raniry membuka paket subuh tarbawi-wasathi atau moderasi beragama di Darussalam, Banda Aceh
Foto: Humas UIN Ar Raniry
Rektor UIN Ar Raniry membuka paket subuh tarbawi-wasathi atau moderasi beragama di Darussalam, Banda Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Darussalam menghadirkan paket Subuh Tarbawi-Wasathi atau moderasi beragama untuk mahasiswa yang sedang mengikuti program ma’had di kampus tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggodok mahasiswa UIN Ar-Raniry agar bersikap sesuai akhlakul karimah dan berperilaku seimbang sejalan dengan prinsip Islam wasathiyah atau moderasi beragama,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman di Banda Aceh, Kamis.

Baca Juga

Program paket Subuh Tarbawi-Wasathi ini diikuti oleh 1.116 mahasantri yang akan berlangsung enam kali pertemuan dalam rentang waktu satu setengah bulan. Program tersebut wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang sedang mengikuti program ma’had.

"Kami berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dan membangun karakter diri agar siap menghadapi tantangan,” katanya.

Menurut dia tantangan di masa mendatang membutuhkan kemampuan dalam dua aspek secara seimbang, yaitu aspek keilmuan dalam bidang-bidang yang ditekuni dan juga aspek kekuatan akhlak dan sikap beragama.

“Jangan melepaskan Allah dalam keadaan apapun, setiap saat anda semua harus bersamaNya. Karena itu tegakanlah shalat utamakan secara berjamaah, perbanyak shalat dhuha, tahajud, dan shalat sunah lainnya," katanya.

Direktur Ma’had Al-Jami’ah Dr Syahminan mengatakan Subuh Tarbawi-Wasathi merupakan program bersama antara Ma’had Al-Jami’ah, Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) dan masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry sehingga mahasiswa bersikap sesuai akhlakul karimah dan berperilaku seimbang sejalan dengan prinsip Islam wasathiyah atau moderasi beragama.

“Paket Subuh Tarbawi-Wasathi akan berlangsung setiap Jumat subuh di Masjid Fathun Qarib dengan pemateri dari kalangan ustaz dan cendekiawan panutan masyarakat,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement