Senin 15 Jan 2024 19:00 WIB

Gerindra Terima Informasi Intimidasi Juga Dilakukan oleh Kubu Paslon 03

"Kami dapat juga sama, intimidasi yang dilakukan mereka (03)," kata Muzani.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Wakil Ketua MPR yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat ditemui di ruangannya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/1/2024).
Foto: Republiika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua MPR yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat ditemui di ruangannya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto yang menyebut pihaknya melakukan intimidasi di Jawa Tengah. Namun, ia pun menerima informasi bahwa kubu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga melakukan intimidasi ke penjabat (Pj) kepala daerah.

"Kami dapat juga sama, intimidasi yang dilakukan oleh mereka (kubu paslon 03) untuk mendukung mereka, gitu. Jadi nggak tahu mana yang bener, kami dapat informasi Pj bupati ini menekankan ini, Pj bupati begitu, yang saya denger ya," ujar Muzani saat ditemui di ruangannya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Baca Juga

"Jadi kalau kemudian sekarang ceritanya begitu, saya nggak tahu siapa yang keliru itu," sambungnya.

Sebelumnya, Hasto mengeklaim sejumlah penjabat (Pj) kepala daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur dicopot karena tidak mau berpihak ke pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Menurutnya, kepala daerah yang dicopot itu diminta untuk berpihak ke Prabowo-Gibran. Meski demikian, mereka tetap ingin independen menjelaskan tugasnya.

"Ada Pj-pj yang sebenarnya netral tetapi kemudian karena tidak mau menjalankan suatu keberpihakan kepada 02 (Prabowo-Gibran), itu diganti. Itu terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah, juga di Jawa Timur," ujar Hasto di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (14/1/2024).

Dia meyakini tindakan-tindakan intimidasi yang digunakan oleh kubu Prabowo-Gibran seperti mencopot Pj kepala daerah tidak akan berpengaruh. Sebab, masyarakat Indonesia yang menyaksikan berbagai intimidasi malah akan berbalik melawan Prabowo-Gibran.

Hasto mengingatkan bahwa banyak masyarakat yang mempercayai mitologi Ratu Adil. Oleh sebab itu, ketika rakyat ditekan malah akan memberikan perlawanan.

photo
Elektabilita Parpol pada Desember 2023 - (Infografis Republika)

"Saat ini ada fenomena unspoken voters (pemilih yang belum menentukan pilihan, mereka akan menyampaikan suaranya kepada Ganjar-Mahfud pada saat ke TPS (tempat pemilihan suara). Kekuatan diam ini yang menjadi kunci dari kemenangan Pak Ganjar dan Pak Mahfud," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement