Kamis 04 Jan 2024 16:43 WIB

Keberagaman Perkuat Persatuan Bangsa

Keberagaman merupakan kekayaan tak ternilai.

Ilustrasi keberagaman tradisi di Indonesia.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi keberagaman tradisi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, TENGGARONG -- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur Edi Damansyah mengajak warga dan semua lapisan masyarakat agar menjunjung keberagaman demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mari kita semua menguatkan komitmen untuk kebersamaan, kerja bersama dan menjaga keberagaman dari Kukar untuk keutuhan NKRI," ujar Edi saat peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (HAB Kemenag) ke-78/2024 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kukar di Tenggarong Kutai Kartanegara, kemarin.

Baca Juga

Dia mengapresiasi Kemenag Kukar yang menggerakkan masyarakat agar saling menghargai perbedaan dan saling menghormati antar-umat beragama, sebagai panutan model keberagaman dan kerukunan.

Sikap saling menghargai dan menghormati itu, menurutnya, berdampak pada kedamaian di Kukar sehingga menjadi motor penggerak pembangunan.

Edi mengatakan warga Kutai Kartanegara tetap hidup rukun dan saling menghargai meskipun terdapat sejumlah penganut agama yang berbeda, termasuk etnis yang beragam.

Merujuk pesan Menteri Agama kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama, Edi meminta peningkatan layanan kepada seluruh umat beragama dapat terus ditingkatkan.

ASN Kementerian Agama diminta mewujudkan birokrasi yang melayani, yakni menjadikan pelayanan umat sebagai "panggilan hati", bukan semata kewajiban birokrasi.

"Jika pelayanan kepada umat dilandasi sebagai panggilan hati, saya yakin akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak baik bagi kemaslahatan umat. Kita bisa betul-betul bersama umat yang berujung pada Indonesia Hebat," kata bupati.

Peringatan HAB Kemenag Kukar tersebut dirangkai dengan pemberian santunan berupa bahan pokok penting kepada kaum dhuafa dan para pensiunan Kemenag Kukar, serta donor darah yang diikuti jajaran Kemenag dan warga setempat.

Kepala Kemenag Kukar Nasrun mengatakan instansinya juga menyelenggarakan ziarah makam, kemudian menggelar berbagai lomba, pertandingan olahraga, dan seni yang diikuti jajaran Kemenag dan madrasah selain kegiatan sosial itu.

"Kami selaku Kepala Kantor yang memimpin dalam layanan masyarakat baik haji, pernikahan, madrasah, pembinaan pondok pesantren, dan lainnya, mengucap syukur Alhamdulillah atas dukungan semua pihak atas dukungannya selama ini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement