Jumat 22 Dec 2023 00:05 WIB

Hari Ibu 2023, Mamah Dedeh: Derajat Ibu Sangat Mulia

Terdapat 29 surat di dalam Alquran yang mengenai hak-hak perempuan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ustadzah Mamah Dedeh.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadzah Mamah Dedeh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Derajat seorang ibu di dalam Islam sangatlah mulia. Bahkan derajat seorang ibu lebih tinggi dibandingkan seorang ayah.

Pendakwah nasional Mamah Dedeh menjelaskan Islam merupakan agama yang sangat memuliakan perempuan. Salah satu buktinya adalah adanya nama salah satu surat di dalam Alquran yang berarti perempuan.

Baca Juga

"Buktinya apa? Di dalam Alquran itu ada surat namanya An-Nisa yang artinya perempuan. Bahkan nggak ada itu surat namanya Ar Rijal (laki-laki), kan?" kata Mamah Dedeh saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (21/12/2023).

Beliau menjelaskan sebelum risalah Islam datang dan disampaikan Rasulullah, perempuan di kalangan masyarakat Arab kerap dijadikan layaknya suatu komoditi atau tidak terhormat. Namun ketika Islam datang, Allah mengutus Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan risalah-risalah yang banyak memuat soal hak-hak perempuan.

Bahkan Allah secara langsung memuliakan derajat perempuan, khususnya ibu, dibandingkan derajat seorang ayah. Hal itu sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Hadits tersebut berbunyi, “An Abi Hurairah radhiallahu anhu qala: ja-a rajulun ila Rasulullah SAW faqala, ya Rasulallah man ahaqqu an-nasi bihusni shahabatiy? Qala (Rasulullah): ‘Ummuka’. (Rajulun): ‘Tsumma man?’ qala (Rasulullah): ‘Tsumma ummuka.' (Rajulun): ‘Tsumma man?’ (Rasulullah) qala: ‘tsumma ummuka,’ (Rajulun) qala: ‘Tsumma man?’ (Rasulullah) qala: ‘tusmma abuka."

Yang artinya, “Dari Abu Hurairah, dia berkata: ‘seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW sambil berkata: ‘Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadany?’ maka Rasul pun menjawab: ‘ibumu’. Dia bertanya lagi: ‘kemudian siapa?’ Rasulullah kembali menjawab: ‘ibumu'. Dia bertanya lagi: ‘Kemudian siapa lagi?’ Rasulullah menjawab: ‘ibumu.' Kemudian dia bertanya kembali: ‘kemudian siapa?’ (barulah) Rasulullah menjawab: ‘kemudian ayahmu."

Tak hanya itu, kemuliaan perempuan dalam Islam pun disertai dengan hak-hak yang menyertainya. Dalam buku Ensiklopedia Wanita Alquran karya Imad al-Hilali disebutkan, terdapat 29 surat di dalam Alquran yang mengenai hak-hak perempuan. Dalam satu suratnya bahkan terdapat lebih dari satu ayat yang menyebutkan mengenai hak tersebut.

Belum lagi mengenai posisi, derajat, serta ganjaran dan janji Allah terkait perempuan yang dijabarkan dalam Alquran. Maka, sesungguhnya jelaslah sudah bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi kemuliaan dan hak-hak perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement