Selasa 19 Dec 2023 05:00 WIB

Dukung Anies, Ini Pesan Habib Umar Abdul Aziz

Para pendukung pasangan AMIN diminta solid dalam mewujudkan cita-citanya.

Rep: Subarkah/ Red: Teguh Firmansyah
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, KARTA – Ulama berpengaruh di Palembang Habib Umar Abdul Aziz bin Abdurrahman Syahab menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden AMIN (Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar). Keputusan ini ditegaskannya ketika mendapat kunjungan Ketua Tim Hukum (THN) Amin, Ari Yusuf Amir.

‘’Beliau mengajak masyarakat untuk tidak hanya memilih pasangan AMIN. Sikap Habib Umar itu dikatakannya kepada kami kemarin sewaktu mengunjungi kediaman beliau di Rubath Al-Muhibbien Palembang,’’ kata Ari Yusuf Amir, pada Ahad malam (17/12/2023) seperti dalam keteragan tertulis Senin (18/12/2023).

Dalam pertemuan itu, lanjut Ari,  Habib Umar juga menekankan pentingnya dukungan dalam mewujudkan agenda perubahan. Selain itu juga nantinya para pendukung pasangan AMIN juga solid dalam mewujudkan cita-citanya.

Rubath Al-Muhibbien, yang didirikan pada tahun 2000 oleh Habib Umar Abdul Aziz bin Abdurrahman Syahab, memiliki filosofi yang mendalam terkait dengan cinta kepada Allah SWT, Rasulullah SAW, serta segala hal yang dicintai oleh keduanya. Penamaan "Rubath Al-Muhibbien" dipilih untuk menanamkan doktrin mencintai hal-hal yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya.”Insyaallah karena niatnya ikhlas pasangan AMIN akan dicinta Allah  SWT,’’ujarnya.

Habib Umar Abdul Aziz bin Abdurrahman Syahab lahir pada tahun 1961. Selain merupakan salah satu ulama ternama di kota Palembang. beliau adalah murid kesayangan Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani, Makkah Al Mukarramah. Kini mengasuh Pondok Pesantren Rubath Al Muhibbien.

Masa kecil Habib Umar Abdul Aziz dihabiskan di kota Palembang. Pada tahun 1967, beliau belajar di Madrasah Baitul Ulum, asuhan KH. Kemas Umar, yang tidak lain adalah dari murid kakeknya sendiri.

Kemudian pada tahun 1973 beliau melanjutkan studinya ke Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang yang saat itu diasuh oleh sosok alim yang banyak melahirkan banyak da'i ternama, Al Habib Ahmad bin Abdullah Al-Habsyi dan Al Habib Muhammad bin Husein Syahab. Keduanya adalah murid Habib Syekh bin Muhammad Al-Habsyi, saudara Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi Shahibul Maulid. Habib Umar Abdul Aziz Syahab adalah angkatan pertama di Pondok Pesantren Ar-Riyadh.

Setelah menimba ilmu 5 tahun lamanya di Ar-Riyadh, pada tahun 1976 beliau meneruskan belajar ke Makkah bersama Habib Hamid Nagib bin Muhammad bin Hamid bin Syaikh Abubakar (sekarang pengasuh Pondok Pesantren Dar 'Inat Bogor), Habib Nauval bin Abdullah Al Kaf (peng pengasuh Pondok Pesantren Darul Habib Sukabumi) dan KH. Usman bin Salman Lubis hingga tahun 1983.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement