Sabtu 16 Dec 2023 22:19 WIB

Gempa Guncang Tegal, Terasa Hingga Brebes, Warga Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

Guncangan gempa dirasakan warga Tegal dan Brebes selama 3-5 detik.

Gempa. Gempa bumi mengguncang Tegal dan Brebes, Jumat (15/12/2023) malam.
Foto: Reuters
Gempa. Gempa bumi mengguncang Tegal dan Brebes, Jumat (15/12/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Gempa bumi berkekuatan M4,5 mengguncang Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (15/12/2023) pukul 21.24 WIB. Guncangan gempa juga dirasakan kuat di Kabupaten Brebes selama 3 sampai 5 detik yang membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal melaporkan, gempa darat tersebut berpusat di 7.15 LS dan 108.86 BT atau 34 km Barat Daya dari Kabupaten Tegal dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. dalam siaran persnya menjelaskan, pascagempa bumi, dilaporkan dua rumah warga di Kabupaten Brebes mengalami kerusakan. "Dari dokumentasi yang diterima, kerusakan terlihat pada retakan dinding dan atap rumah yang roboh," kata dia dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (16/12/2023).

Hingga siaran pers ini dirilis, tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut.  BPBD Kabupaten Tegal dan BPBD Kabupaten Brebes terus melakukan monitoring dan pendataan kondisi dan dampak di lapangan.

Warga diimbau untuk tetap waspada dan siaga apabila terdapat potensi gempa susulan. Hindari bangunan yang sudah mulai mengalami keretakan, pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah.

"Dan pantau informasi terkini dari instansi berwenang seperti BNPB, BMKG, serta pemerintah daerah setempat untuk menghindari misinformasi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement