Sabtu 16 Dec 2023 14:49 WIB

Eli Cohen, Intelijen Israel Kelahiran Mesir yang Berakhir Kontroversial

Cohen memberikan banyak informasi kepada Mossad Israel tentang persenjataan Suriah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Eli Cohen
Foto: saveisrael.com
Eli Cohen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eli Cohen adalah sosok intelijen Israel yang menjelma sebagai seorang pengusaha dalam misi penyamaran di Suriah. Cohen lahir pada 1924 di Alexandria, Mesir dari sebuah keluarga yang berimigrasi ke sana dari kota Aleppo di Suriah.

Selama rentang 1961-1965, Cohen bekerja sebagai mata-mata untuk Mossad Israel di Suriah. Sebelum dikirim ke Suriah, Cohen menerima pelatihan ekstensif dan menghabiskan waktu di Amerika Selatan untuk mendesain perannya yang mendalam sebagai seorang pengusaha dengan koneksi kuat di Suriah.

Baca Juga

Di Suriah, Cohen pun menjalin persahabatan dengan banyak pejabat senior Suriah. Dia menyamar sebagai pengusaha bernama Kamel Amin Thabet. Di Suriah, Cohen menjalin hubungan dekat dengan elite komunitas politik dan militer sebelum ia terungkap, ditangkap, dan dihukum mati pada 1965.

Cohen telah memberikan banyak informasi kepada Mossad Israel tentang pejabat Suriah dan persenjataan Suriah antara 1961 dan 1965. Namun, setelah kematiannya itu, muncul perdebatan soal apa penyebab di balik terungkapnya misi intelijen Cohen di Suriah. Apakah atasan Cohen terlalu menekannya atau karena Cohen mengambil terlalu banyak risiko?

 

"Alasan penangkapan Eli Cohen selalu kontroversial. Apakah dia mengirimkan terlalu banyak? Apakah dia bertindak bertentangan dengan arahan? Apakah kantor pusat memintanya untuk mengirimkan (informasi) terlalu banyak? Masalah ini telah diperdebatkan selama bertahun-tahun," ujar Direktur Mossad David Barnea pada 2022.

Di 2022 itu, Barnea membeberkan isi telegram...

sumber : Arabic Post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement