Selasa 28 Nov 2023 09:23 WIB

Sebelum Kampanye, Anies Sungkeman Bersama Keluarga Besar

Kampanye Anies dimulai dari kawasan Tanah Merah, Jakarta Utara.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Prosesi sungkeman capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dengan keluarganya sebelum melakukan kampanye, di Pendopo Anies Baswedan di Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Prosesi sungkeman capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dengan keluarganya sebelum melakukan kampanye, di Pendopo Anies Baswedan di Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan melakukan sungkeman dengan keluarga besarnya sebelum melakukan kampanye perdana pada Selasa (28/11/2023).

 

Baca Juga

Pantauan Republika.co.id, Anies melakukan sungkeman pada sekira pukul 08.00 WIB di Pendopo Anies Baswedan di Jakarta Selatan. Hadir dalam acara sungkeman tersebut ibu kandung Anies Aliyah Rasyid, sang istri Fery Farhati, ibu dan ayah mertua Anies, serta anak-anak dan menantunya.

 

Mereka rerata mengenakan pakaian berwarna putih berpadu dengan hitam dan abu-abu. Sungkeman berlangsung khidmat dengan suasana di pendopo yang rindang dan sejuk. Anies pun menyampaikan permintaan doa kepada sang bunda.

 

"Minta didoakan untuk kampanye mudah-mudahan lancar dan dibukakan keridoannya," salah satu pinta Anies kepada sang ibunda saat sungkeman.

 

Kemudian sang Ibu, Aliyah Rasyid menyampaikan doa yang cukup panjang untuk Anies dimulai dengan alfatihah. Secara umum dia berharap Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan kepada Anies dalam menjalankan kampanye.

 

"Semoga Anies diberi kekuatan memikul amanah dengan sebaik-baiknya, semoga dijauhkan dari kesulitan. Semoga dapat melaksanakan apa yg dicitakan untuk mewujudkan masyarakat adil, sejahtera dan dijauhkan dari kesulitan," doa Ibunda Anies dalam acara sungkeman.

 

Seusai berdoa, Anies lantas mencium tangan sang ibu dan memeluknya. Berlanjut menyalami mertua. Sang istri, Fery Farhati pun melakukan hal yang sama. Anies juga bersalaman dengan anak-anak dan menantunya serta memeluknya.

 

Diketahui, sesudah sungkeman, Anies Baswedan langsung melakukan kampanye perdana. Kampanye dilakukan di wilayah Jakarta dan Bogor pada Selasa (28/11/2023).

Kampanye dimulai dari kawasan Tanah Merah, Jakarta Utara, lanjut ke Jakarta Timur, hingga bergerak ke Bogor. Sementara itu, pasangannya, Muhaimin Iskandar melakukan kampanye di wilayah Jawa Timur.

 

"Khusus Pak Anies ada di beberapa titik yang akan tentunya untuk menyapa masyarakat sehingga masyarakat lebih mengenal beliau dan gagasan serta visinya. Pertama ada di Tanah Merah," ujar Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN Muhammad Syaugi kepada wartawan di Pendopo Anies Baswedan, Selasa (28/11/2023).

 

Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara merupakan lokasi kick off kampanye Anies. Kegiatan itu akan berlangsung pada sekira pukul 09.00-10.30 WIB. Lalu, pada sekira pukul 11.00-12.30, kampanye berlanjut di GOR Ciracas, Kramat Jati, Jakarta Timur. Setelah itu pada pukul 14.00-15.30 kampanye diadakan di GOR Laga Tangkas-Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

 

Anies berlanjut menyapa warga di Jembatan Merah yang berlokasi di Jalan Kapten Muslimat, Cibogor, Bogor, Jawa Barat. Pada pukul 17.00-18.00 menuju ke Jakarta menggunakan KRL di Jalan Nyi Raja Permas, Bogor, Jawa Barat.

 

Setelah sampai Jakarta, Anies akan menghadiri diskusi agenda transisi energi 'Urgensi dan Strategi Transisi Energi Indonesia dalam Kepemimpinan Lima Tahun ke Depan' ICEF di Grha Bimasena, Jakarta Selatan.

 

"Jadi hari ini (Anies) fokus ke dua tempat (wilayah) ada di Jakarta dan di Bogor," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement