Senin 27 Nov 2023 17:54 WIB

Mengapa Israel Begitu Ngotot Targetkan Rumah Sakit Indonesia di Gaza?

Israel yakin Rumah Sakit Indonesia dibangun di atas sistem terowongan Hamas.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina.
Foto: (ANTARA/HO-MER-C/pri.)
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pertempuran sengit dilaporkan terjadi di Rumah Sakit Indonesia Gaza pada Senin 20 November 2023. Saat itu, tank-tank Israel mengepung rumah sakit di Gaza utara tersebut setelah tembakan artileri membuat sedikitnya 12 warga Palestina gugur di kompleks tersebut.

Lantas, apa yang terjadi di Rumah Sakit Indonesia di Gaza sehingga pasukan Israel menjadikannya sebagai target?

Baca Juga

Rumah Sakit Indonesia Gaza terletak di Beit Lahiya, sebuah kota berpenduduk sekitar 90 ribu orang di utara Gaza. Rumah sakit ini berdiri di atas tanah seluas 16 ribu meter persegi (172.200 kaki persegi) yang disumbangkan oleh pemerintah Gaza pada 2011.

BACA JUGA: Warga Thailand Dilaporkan Tempur Bersama Israel, Ulama Thailand: Menusuk dari Belakang

 

Rumah sakit tersebut telah menampung ratusan pengungsi yang mencari suaka di sana. Lokasinya juga dekat dengan kamp pengungsi Jabalia.

Daerah di sekitar rumah sakit telah diserang beberapa kali oleh pasukan Israel. Setidaknya dua warga sipil tewas dalam serangan antara 7 Oktober dan 28 Oktober, menurut Human Rights Watch.

Pembangunan rumah sakit ini memakan biaya hampir 8 juta dolar AS. Dana ini bersumber dari donasi warga negara Indonesia.

Namun, Israel sejak lama menuduh Hamas menggunakan rumah sakit Indonesia dan lokasi sipil lainnya untuk mendirikan pos komando dan menyembunyikan senjata. Tentara Israel sebelumnya mengatakan mereka yakin Rumah Sakit Indonesia dibangun di atas sistem terowongan Hamas.

Tuduhan itu juga dibuat Israel...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement