Senin 20 Nov 2023 18:46 WIB

12 Madrasah Aliyah Masuk 100 Besar Sekolah Terbaik, Ini Resep Kemenag

Madrasah berperan strategis mencetak generasi muda berakhlak mulia.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan siswa madrasah.
Foto: Dok Humas Polres Sukabumi Kota
Ilustrasi kegiatan siswa madrasah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 12 Madrasah Aliyah (MA) masuk dalam daftar Top 100 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Prestasi ini tidak terlepas dari proyek yang dijalankan Kemenag dalam tiga tahun tersebut, yaitu Madrasah Reform atau Realizing Education Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR). 

Proyek ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah di lingkungan. Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie mengatakan, ada empat resep yang dilakukan Kemenag dalam meningkatkan mutu madrasah. 

Baca Juga

"Ada empat hal sebetulnya secara umum yang kami lakukan dalam madrasah reform itu. Pertama, tata kelola madrasahnya, itu kan terus mengalami perbaikan," ujar Anna saat dihubungi Republika pada Senin (20/11/2023). 

Kedua, lanjut dia, dalam program Madrasah itu juga melakukan peningkatan kompetensi madrasah. Misalnya, selalu melakukan riview kurikulum, serta menguji kemampuan madrasah dan siswa-siswinya. 

 

Ketiga, kata Anna, Kemenag juga melakukan peningkatan kualitas SDM guru dengan Pendidikan keprofesian berkelanjutan (PKB), sehingga banyak madrasah yang memiliki kualitas terbaik. 

"Ini pelatihan untuk guru. Jadi, itu terus kita lakukan setiap tahun. Yang terakhir, manajemen data. Nah paling tidak ada empat hal itu yang dilakukan untuk memelihara atau terus menerus meningkatakn kualitas madrasah kita," ucap Anna. 

Dia pun mengaku senang dan bangga kepada 12 Madrasah Aliyah yang bisa masuk dalam daftar 100 Sekolah Terbaik di Indonesia Versi UTBK tersebut. Dalam daftar 12 MA Terbaik itu, terdapat 11 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan satu Madrasah Aliyah Swasta (MAS).

MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang Selatan, Banten merajai dengan menempatkan sembilan sekolah. Bahkan, MAN Insan Cendekia (IC) Serpong menempati peringkat satu nasional. Nilai rata-rata UTBK MAN Incen Serpong mencapai 666,494.

"Tentu kita bangga ya mendengar berita. Kalau MAN IC sendiri itu kan memang awalnya didirikan untuk menjembatani karena dulu sepertinya ada dikotomi antara sekolah umum dan seklah agama atau madrasah. Kayaknya dulu jomplang banget, makanya lahirlah MAN IC ini," kata anna. 

Seiring berjalannnya waktu, tambah dia, madrasah  pun mampu membuktikan bahwa madrasah itu cukup kompetetif. "Jadi kalau ditanya resepsinya, di kami ini sekarang ada yang namanya Madrasah Reform. Jadi, sebetulnya ini adalah program untuk peningkatan mutu madrasah," jelas Anna. 

"Intinya adalah memang ketika awalnya semangatnya kami utnuk menjembatani supaya tidak ada lagi kesenjagnan itu, maka kami terus menerus meningkatkan kualitas," ucap dia.

Sebelumnya, Madrasah Aliyah (MA) menunjukkan prestasi yang tidak kalah dengan sekolah umum. Sebanyak 12 MA masuk dalam daftar 100 Sekolah Terbaik di Indonesia Versi UTBK.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK. Ada 23.657 sekolah yang mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022. Dari jumlah itu sekolah yang memenuhi kriteria LTMPT sebanyak 3.381 sekolah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement