Jumat 17 Nov 2023 19:20 WIB

Jelang Liburan Akhir Tahun, Dipetakan Jalur Rawan Bencana dan Kecelakaan di Garut

Polres Garut berkoordinasi dengan pemerintah daerah melakukan pemetaan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Polisi melakukan pengaturan lalu lintas di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
(ILUSTRASI) Polisi melakukan pengaturan lalu lintas di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Polres Garut, Jawa Barat, mempersiapkan pengamanan untuk momen liburan akhir tahun. Terkait hal itu, Polres berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk melakukan pemetaan jalur-jalur yang dinilai rawan, seperti rawan kecelakaan ataupun bencana.

“Hasil pengecekan bersama-sama dengan pemerintah daerah, tentunya dari Dishub (Dinas Perhubungan), ini akan kami sampaikan di mana spot-spot yang sekiranya menjadi rawan kecelakaan maupun rawan-rawan lainnya, termasuk rawan bencana,” kata Kepala Polres (Kapolres) Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha kepada wartawan di Garut, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga

Kapolres mengatakan, personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut dan jajaran polsek sudah melakukan pengecekan jalur di wilayah selatan, perkotaan, maupun bagian utara Garut untuk mengecek kondisinya. Jika didapati ada jalur rawan bencana, kata dia, akan dipasang rambu-rambu agar pengguna jalan waspada dan lebih hati-hati.

“Kalau memang itu belum ada, tentunya imbauan dari kami akan memasang spanduk-spanduk tambahan untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait kewaspadaan di jalur rawan bencana ini. Menurut dia, pihaknya akan mendorong penempatan alat berat untuk mempermudah dan mempercepat penanganan apabila terjadi bencana, seperti longsor. “Kami sampaikan ke BPBD untuk mendekatkan dengan titik-titik yang rawan,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement