Jumat 17 Nov 2023 14:58 WIB

500 Warga Bandung Istighatsah dan Pawai Solidaritas untuk Palestina

Aksi ini upaya warga Jawa Barat menegakkan keadilan bagi warga Palestina.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin mengikuti pawai aksi bela Palestina dari Masjid Pusdai Jawa Barat ke Lapangan Gasibu Kota Bandung, Jumat (17/11/2023).
Foto: Republika/ Dea Alvi Soraya
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin mengikuti pawai aksi bela Palestina dari Masjid Pusdai Jawa Barat ke Lapangan Gasibu Kota Bandung, Jumat (17/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekitar 500 warga Kota Bandung mengikuti aksi bela Palestina pada Jumat (17/11/2023). Aksi yang dipimpin langsung oleb Pj Gubernur Jawa Barat ini diawali dengan istighatsah bersama di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), dilanjutkan dengan pawai ke depan Gedung Sate Bandung.

Selama melakukan long march dari Masjid Pusdai ke Gedung Sate, peserta aksi meneriakkan dukungan kepada Palestina melalui slogan “Free Palestine” dan “Merdeka Palestina”. Selain itu, peserta aksi juga membawa atribut seperti bendera palestina, syal dan ikat kepala bertuliskan “Free Palestine”.

Baca Juga

Begitu tiba di kawasan Gedung Sate Bandung, Pj Gubernur Jabar Bey Machmuddin dan sejumlah pejabat yang mendampingi langsung diarahkan untuk menyapa seluruh peserta aksi dari panggung yang telah tersedia di lokasi. Selanjutnya, para peserta aksi diajak untuk berdoa bersama untuk Palestina.

PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin mengatakan, aksi ini merupakan bentuk nyata kepedulian dan rasa cinta warga Indonesia khususnya Jawa Barat kepada rakyat Palestina. Bey juga mengecam krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama menyuarakan doa dan dukungan bagi saudara kita di palestina. ini bentuk nyata dari kepedulian dan kecintaan kita terhadap sesama umat manusia,” ujarnya kepada peserta aksi bela Palestina di halaman Gedung Sate Bandung, Jumat (17/11/2023).

“Peperangan dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina merupakan tindakan keji yang harus dihentikan. Maka mari kita tingkatkan solidaritas untuk mewujudkan perdamaian di palestina dan semoga keadilan dan kemerdekaan dapat segera diraih oleh warga palestina,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Jawa Barat KH Rahmat Syafe’i mengatakan aksi ini merupakan upaya warga Jawa Barat untuk menyuarakan dan menegakkan nilai-nilai kemanusiaan yang terenggut di bumi Palestina. Dia juga menyebut kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas rakyat Indonesia khususnya Jawa Barat kepada warga Palestina.

“Kegiatan ini adalah bentuk solidaritas, perlu kita mengekspresikan dukungan kita bagi palestina. mari kita sama sama berdoa agar pembantaian terhadap rakyat palestina segera berhenti,” kata Rahmat.

MUI Jawa Barat, kata dia, juga telah mengeluarkan fatwa untuk menguatkan rasa solidaritas, antara lain mendukung kemerdekaan Palestina dan menolak agresi Israel. Masyarakat Indonesia juga diimbau untuk bersama mendukung kebebasan Palestina dengan sepenuh hati.

“Dukungan itu dibarengi dengan bantuan zakat, infaq dan sedakah kepada warga Palestina,” kata Rahmat.

Kegiatan ini diikuti oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), MUI Jawa Barat, Kemenag Jawa Barat, sejumlah tokoh agama, TNI, kepolisian dan aparat kewilayahan. Sebagai informasi, kegiatan aksi bela Palestina ini bukan hanya digelar di Kota Bandung, namun dilaksanakan serentak di seluruh kota/kabupaten se-Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement