Jumat 17 Nov 2023 07:34 WIB

1.000 Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Tutupi Hollywood Boulevard Desak Gencatan Senjata

Demonstrasi,termasuk aksi duduk yang dipentaskan di persimpangan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Aktivis perdamaian Yahudi melakukan aksi duduk menuntut gencatan senjata di Gaza, di Hollywood Boulevard di Los Angeles, Kamis (16/11/2023).
Foto: AP
Aktivis perdamaian Yahudi melakukan aksi duduk menuntut gencatan senjata di Gaza, di Hollywood Boulevard di Los Angeles, Kamis (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lebih dari 1.000 pengunjuk rasa menutup area Hollywood Boulevard di Los Angeles, menuntut agar AS menyerukan gencatan senjata segera di Gaza, Guardian melaporkan pada Kamis.

Protes dimulai pada Rabu (15/11/2023) malam di De Longpre Park dengan pidato oleh penyelenggara Yahudi, perwakilan Islamic Center of Southern California, dan penyelenggara lama dan co-founder Black Lives Matter Patrisse Cullors.

Baca Juga

"Kita tidak bebas sampai kita semua bebas," katanya, dilansir dari Arab News, Jumat (17/11/2023).

Demonstrasi, yang diselenggarakan oleh kelompok Jewish Voice for Peace Los Angeles, termasuk aksi duduk yang dipentaskan di persimpangan dengan bunga di tangan dan kaus bertuliskan "Yahudi minta gencatan senjata sekarang".

"Saya berduka atas hilangnya lebih dari 1.200 nyawa Israel, dan saya berduka atas hilangnya nyawa Palestina. Saya akan terus berduka, dan saya tidak akan membiarkan kesedihan saya digunakan sebagai senjata perang untuk memicu genosida," kata penyelenggara JVP Michael Wolfe.

Massa berbaris di Hollywood Boulevard. Terlepas dari konfrontasi yang tegang dengan seorang pengemudi yang berusaha menerobos tempat parkir langsung ke arah penyelenggara, mereka bergerak melalui beberapa blok yang sebagian besar tanpa hambatan. Beberapa blok ditutup oleh polisi.

Para pengunjuk rasa berkumpul di tengah hujan lebat dan memegang bendera dan tanda Palestina bertuliskan "tidak atas nama kami" dan "biarkan Gaza hidup."

Jocelyn Gallegos, yang membawa tanda bertuliskan "Viva Viva Palestina," mengatakan dia berharap AS akan menyerukan gencatan senjata dan orang-orang tidak akan mengalihkan pandangan mereka dari konflik.

"Ini terjadi di jantung Hollywood. Saya ingin ini tidak lagi diabaikan," katanya kepada Guardian.

Protes itu mengikuti pertemuan besar awal bulan ini di Washington, DC, New York, dan Seattle. Para pengunjuk rasa telah menyerukan gencatan senjata dalam perang yang sedang berlangsung serta mengakhiri bantuan militer AS ke Israel saat jumlah korban meninggal warga sipil Palestina meningkat.

Militer Israel telah membunuh lebih dari 11.200 orang Palestina di Gaza, termasuk 4.500 anak-anak. Di antara yang gugur adalah 42 jurnalis dan pekerja media.

Karen Pomer, seorang pengunjuk rasa dan aktivis lama LA, mengatakan tingkat korban sipil tidak dapat diterima dan sama dengan genosida.

"Saya jijik dan ngeri. Itu adalah hal pertama yang saya pikirkan ketika saya bangun dan hal terakhir yang saya pikirkan sebelum saya tidur," kata Pomer, yang kakeknya selamat dari kamp konsentrasi Bergen-Belsen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement