Selasa 14 Nov 2023 21:56 WIB

Rumah Zakat Distribusikan 757 Paket Medis ke RS Gaza Palestina

Rumah Zakat menerima penitipan infak kemanusiaan bagi Palestina.

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
Bendera Palestina. Ilustrasi
Foto: Reuters
Bendera Palestina. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.IDBANDUNG-----Rumah Zakat mendistribusikan bantuan darurat dari masyarakat Indonesia untuk warga terdampak konflik Palestina. Di antaranya, 15.420 paket makanan siap saji, 757 paket medis untuk Rumah Sakit (RS) di Gaza, serta 1382 paket food basket, 2000 paket, serta air bersih. 

Menurut Chief Program Officer Muhammad Sobirin, selain itu Rumah Zakat pun berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri, Indonesia Humanitarian Aid, Forum Zakat, BAZNAS, dan juga kedutaan besar Palestina untuk pendistribusian bantuan kemanusiaan Palestina. 

Baca Juga

Rencananya, kata dia, hingga akhir November 2023 nanti, Rumah Zakat akan menyalurkan 15.000 paket makanan siap saji, 1000 paket obat-obatan, 1400 paket food basket, 200 paket musim dingin, serta 1 ambulance yang akan beroperasi selama 6 bulan.

“Dalam melakukan penyaluran bantuan, Rumah Zakat bermitra dengan NGO kemanusiaan lokasl Gaza," ujar Sobirin, Selasa (14/11/2023).

 

Hingga saat ini, kata dia, kebutuhan mendesak masyarakat Palestina yang terdampak konflik kemanusiaan. Saat ini, antara lain makanan siap saji , air bersih, obat–obatan dan medis, bahan bakar, serta pakaian hangat.

Selain itu, kata dia, dalam mendistribusikan bantuan, Rumah Zakat pun berkolaborasi dengan pemerintah Republik Indonesia, IHA, FOZ, Kedubes Palestina, SEAHUM, dan Baznas dalam mendistribusikan bantuan yang dikirimkan pada 4 November 2023 dari Bandara Halim Perdanakusima.

Di Tengah krisis dan kekacauan yang terjadi akibat perang di Gaza, kata dia, dukungan untuk warga terdampak krisis kemanusiaan di Palestina semakin mengalir dari seluruh lapisan masyarakat. Sejak pecah konflik kemanusiaan, Rumah Zakat mengambil inisitif untuk turut andil membantu masyarakat Palestina yang terdampak dengan menyediakan bantuan berupa makanan, obat-obatan dan kebutuhan logistik lainnya.

Untuk mengoptimalisasi bantuan kemanusiaan yang dapat diberikan bagi masyarakat Palestina, kata dia, Rumah Zakat menerima penitipan infak kemanusiaan bagi Palestina melalui beragam kanal yang ada di Rumah Zakat seperti website dan transfer. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement