Senin 13 Nov 2023 22:19 WIB

Doa Singkat Diberikan Tambahan Ilmu Ini Diabadikan dalam Alquran

Alquran abadikan doa Rasulullah SAW memohon tambahan ilmu

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi belajar ilmu. Alquran abadikan doa Rasulullah SAW memohon tambahan ilmu
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi belajar ilmu. Alquran abadikan doa Rasulullah SAW memohon tambahan ilmu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Untuk menjadi orang yang berilmu hendaknya seorang Muslim  memiliki niat yang kuat untuk belajar serta berikhtiar dengan sungguh-sungguh dan sabar menjalani setiap proses belajar. 

Dan yang juga penting adalah berdoa memohon kepada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan kepahaman dari suatu ilmu sehingga bertambah ilmunya. Bagaimana doanya? Doa agar tambahnya ilmu bisa ditemukan pada surat Taha ayat 114.  

Baca Juga

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَىٰ إِلَيْكَ وَحْيُهُ ۖ وَقُلْ  رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا 

Artinya: “Maka Mahatinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Alquran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (QS Taha ayat 114) 

Ayat tersebut merupakan arahan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana juga menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad SAW. 

Allah SWT mengingatkan Nabi Muhammad agar tidak tergesa-gesa dalam melafalkan ayat-ayat Alquran yang disampaikan malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW. 

Nabi Muhammad SAW ingin bersegera cepat membaca Alquran sebelum Jibril sempurna membacanya. Apa yang melatarbelakanginya? Karena kecintaan Nabi SAW atau keinginan Nabi SAW untuk cepat menghafal ayat demi ayat yang diajarkan Jibril.

Pada surat Al Qiyamah Allah SWT menyampaikan pada Nabi Muhammad SAW bahwa Allah SWT menjamin nabi Muhammad tidak akan lupa ayat-ayat yang diajarkan Allah SW melalui malaikat Jibril.  

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ # إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ # فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُررْآنَهُ # ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهُ#

Artinya: “Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.  

Baca juga: Mengapa Malaikat Jibril Disebut Ruh Kudus dalam Alquran?

Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya.” (QS Al Qiyamah ayat 16-19).  

Maka dari awal surat Thaha ayat 114 itu menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad SAW agar tidak tergesa-gesa dalam belajar atau menuntut ilmu. Pada lanjutan ayat itu, Allah SWT mengajarkan Rasulullah SAW agar berdoa meminta tambahan ilmu. Doa tersebut yaitu: 

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا Rabbi zidni ‘ilma

"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement