Jumat 10 Nov 2023 13:46 WIB

Hari Pahlawan, Pemimpin Umum Hidayatullah Dorong Santri Gemar ke Perpustakaan

Santri diminta berkontribusi untuk bangsa.

Pimpinan Hidayatullah
Foto: istunewa
Pimpinan Hidayatullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Pahlawan diperingati pada Jumat (10/11/2023). Hari Pahlawan merupakan hari memperingati heroisme bangsa Indonesia kala itu yang mati-matian berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan Sekutu di Surabaya pada 10 November 1945. Dan, dengan rahmat Allah Yang Maha Kuasa kemenangan itu Allah berikan.

Baca Juga

Sisi yang lain, KH Hasyim Asy'ari menjadi penggerak utama terjadinya perlawanan sengit bangsa Indonesia terhadap upaya Belanda kembali menjajah Indonesia itu dengan istilah resolusi jihad. Sampai dikenal ungkapan merdeka atau mati yang dilanjutkan dengan pekikan takbir, "Allahu Akbar."

Menyadari heroisme bangsa dan umat kala itu, Pemimpin Umum Hidayatullah pada 10 November 2023 naik ke mimbar dan memberikan injeksi bagaimana para santri dan kader Hidayatullah memiliki semangat tinggi untuk berkontribusi bagi bangsa.

"Sekarang telah kita siapkan perpustakaan di lantai 3 Masjid Ar-Riyadh. Kedepan seluruh santri, tidak ada waktu lepas sholat, kecuali semua naik ke perpustakaan, membaca buku. Dan, tidak keluar dari perpustakaan dan masjid kecuali telah membawa 1, 2, dan 3 ilmu, untuk bekal menjadi insan yang punya agenda perjuangan," ujarnya.

Pada saat berbeda, Pesantren Hidayatullah Ummul Qura Balikpapan juga memperingati Hari Pahlawan dengan menampilkan ketangkasan guru dan santri dalam menunggang kuda. Mereka memacu kuda dengan kencang sembari mengibarkan bendera Indonesia, bendera Hidayatullah dan bendera Silatnas Hidayatullah 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement