Selasa 24 Oct 2023 13:54 WIB

Tujuh Bantuan Ini Dibutuhkan Palestina

Palestina akan terus mempertahankan kawasannya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Warga Palestina mengevakuasi seorang pria yang terluka pasca serangan udara Israel di Kota Gaza, Senin, (23/10/2023).
Foto: AP Photo/Abed Khaled
Warga Palestina mengevakuasi seorang pria yang terluka pasca serangan udara Israel di Kota Gaza, Senin, (23/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi semakin berat dan memburuk bagi warga di Gaza dan Palestina secara umum. Dua juta lebih penduduk Gaza dalam hari-hari ini tidak minum, makan, dan tidak ada akses listrik. Walau mereka militan dan memiliki semangat tinggi, mereka manusia yang pasti punya keterbatasan. 

Imam Masjid New York Shamsi Ali mengatakan, pengeboman Israel telah membabi buta, bahkan dengan terbuka menarget tempat-tempat perumahan, rumah sakit, bahkan rumah ibadah (masjid dan gereja). 

Baca Juga

"Tentu dengan lagu usang: 'civilians dijadikan tameng oleh mereka'. Bahkan gereja dan rumah sakitpun dituduh menjadi tempat persembunyian hamas dan harus dihancurkan," ujar dia dalam pesan singkat kepada Republika.co.id pada Selasa (24/10/2023).

Sementara bantuan makanan dan obat-obatan untuk puluhan ribu warga dan anak-anak masih terbatas. Jalan masuk Gaza dari Rafah semua hancur oleh rudal Israel. Maka perlu diperbaiki sebelum memungkinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza. 

Dalam beberapa hari ini diperkirakan akan ada serangan darat dari pasukan Israel. Rencana ini pastinya akan menelan banyak korban. Apalagi, saat ini fasilitas militer Israel semakin kuat dengan bantuan militer Amerika. 

Kesimpulannya situasi semakin mencekam dan memburuk. Hanya Allah tempat bersandar dan memohon pertolongan. Tentu hal ini menjadikan kita semua harus berbuat pada kapasitas kita masing-masing. Diam dan tidak melakukan sesuatu adalah bagian dari kezaliman dan kejahatan (complicit). 

Berikut ini tujuh hal yang anda bisa lakukan untuk membantu Palestina,

1. Terus tingkatkan rasa solidaritas dan semangat dukungan.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement