Ahad 22 Oct 2023 10:26 WIB

Sikap Jokowi Terkait Pencalonan Gibran, Puan: Beliau Negarawan, Presiden tidak Berpihak

Jokowi menyatakan sebagai orang tua hanya mendoakan dan merestui keputusan anak.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama putranya M Prananda Prabowo, dan putrinya Puan Maharani, saat mendatangi Pameran Pangan Plus Rakernas IV PDIP 2023.
Foto: Dok. Istimewa
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama putranya M Prananda Prabowo, dan putrinya Puan Maharani, saat mendatangi Pameran Pangan Plus Rakernas IV PDIP 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani merespons jawaban Presiden Joko Widodo yang memberi isyarat merestui keputusan putranya, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo di Pilpres 2024. Puan mengatakan, seorang ayah sudah pasti mendukung yang terbaik untuk anaknya.

"Ya pasti seorang bapak akan mendukung yang terbaik untuk anaknya," kata Puan seusai mengikuti upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad (22/10/2023).

Baca Juga

Begitupun terkait respon Jokowi yang tidak secara tegas menyatakan dukungan ke Ganjar Pranowo, meskipun sama-sama kader PDI Perjuangan. Menurut Puan, seorang negarawan memang sudah seharusnya seperti itu. Tidak menyatakan dukungan terhadap salah satu paslon yang akan berkontestasi di Pilpres 2024.

"Justru apa yang disampaikan beliau (Jokowi) itu negarawan. Seorang presiden tidak berpihak dalam kontestasi Pilpres yang akan datang, karena berkeinginan pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik, lancar, adem, gembira, rakyat tidak tertekan. Saya apresiasi Presiden Jokowi," ujarnya.

Jokowi memang tidak secara tegas mendukung langkah sang anak jika benar-benar maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Jokowi mengatakan, sebagai orang tua tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan sang anak. Apalagi sang anak tergolong sudah dewasa dan bisa menentukan keputusan sendiri.

"Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan (Gibran) semuanya. Karena sudah dewasa ya jangan terlalu mencampuri urusan," kata Jokowi seusai menjadi Pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad (22/10/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement