Kamis 19 Oct 2023 22:44 WIB

McDonalds Berbagai Negara Dukung Palestina, Rp 8 Miliar Bantuan Disalurkan

McDonald’s di Israel tidak terkait dengan McDonalds di tempat lain.

Ilustrasi gerai McDonald
Foto: Dok web
Ilustrasi gerai McDonald

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- McDonald’s di negara Timur Tengah menyatakan dukungannya kepada Palestina. Pada Sabtu, 14 Oktober 2023, McDonald’s Qatar, dalam keterangan resminya mengumumkan sumbangan sebesar QAR 1 juta (Rp4 miliar) untuk bantuan kemanusiaan di Gaza, kota besar di Palestina yang hingga saat ini masih terus berkonflik dengan Israel. 

Dikutip dari Doha News, perusahaan yang 100 persen dimiliki dan dioperasikan secara independen oleh Al Mana Restaurant and Food Company, W.L.L, pengusaha asal Qatar, menggalakan kampanye #For_Palestine untuk memberikan bantuan makanan, air, tempat tinggal dan perawatan mendesak untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memberikan bantuan kepada rakyat Palestina di Gaza.

Baca Juga

Bantuan serupa juga dikirimkan oleh McDonald’s Oman dengan menyumbangkan dana senilai 100 ribu Dolar AS (Rp1,57 miliar) untuk rakyat Gaza melalui otoritas yang berwenang. Dalam pernyataan resmi McDonald’s Oman menegaskan bahwa “Apa yang dilakukan cabang McDonalds Israel tidak menjadi representasi dari cabang-cabang lain di seluruh dunia.”

Sebelumnya, restoran cepat saji McDonald’s sempat menjadi perhatian, pasalnya McDonald’s di Israel diberitakan mendonasikan 12 ribu makanan kepada rumah sakit dan unit militer Israel. 

 

Pernyataan dari McDonald’s Oman memperlihatkan poin penting dimana sebagai perusahaan waralaba yang menerapkan sistem franchise, atau model bisnis dengan menggunakan sistem merek dagang, operasional McDonald’s tidak terafiliasi antara satu negara dengan negara lainnya. 

Selain McDonald’s Qatar dan McDonald’s Oman, McDonald's Malaysia turut menyumbangkan dana sebesar 1 juta ringgit (Rp 3,3 miliar), untuk Dana Kemanusiaan Palestina yang baru-baru ini diluncurkan di bawah Departemen Perdana Menteri. 

Dikutip dari New Strait Times, kontribusi ke Dana Kemanusiaan Palestina akan secara langsung mendukung upaya bantuan di Gaza, menangani kebutuhan kritis mereka yang terkena dampak konflik. 

Perusahaan mengatakan kontribusi tersebut mencakup bantuan medis, makanan dan tempat tinggal, serta bantuan evakuasi, menambahkan bahwa komitmen perusahaan difokuskan untuk mendukung penyediaan bantuan penting bagi mereka yang berada dalam keadaan yang mengerikan.

Hingga saat ini telah lebih dari Rp 8,87 miliar sumbangan yang diberikan oleh McDonald’s dari berbagai negara sebagai bentuk dukungan mereka untuk membantu Palestina. Sumbangan ini belum termasuk dari beberapa negara lainnya seperti Uni Emirat Arab, Turki, dan Kuwait. 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement