Kamis 19 Oct 2023 07:14 WIB

Agar Anak, Pasangan Hidup, dan Kerabat, Bahagia Dunia Akhirat, Baca Doa ini

Allah menganjurkan setiap orang untuk memperbanyak doa.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Doa sapu jagat merupakan salah satu di antara doa yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam. Doa ini mencakup kebaikan di dunia dan akhirat, selain itu juga perlindungan terhadap siksa neraka.

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu menuturkan: 

Baca Juga

“Doa yang paling sering diucapkan oleh Nabi Shallallahu alaihi wa sallam adalah

الَّلهُمَّ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

‘Allaahumma Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa adzaabannaar.’”

(Wahai Tuhan kami! Berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di Akhirat, serta lindungilah kami dari siksa Neraka).” (HR Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Doa ini termasuk doa yang paling agung dan mulia. Ia juga termasuk doa jawami` yang telah menghimpun kebaikan dunia dan Akhirat. Doa ini adalah doa dari Alquran, yang Allah sebutkan ketika memuji orang-orangberiman dalam konteks ayat-ayat seputar haji. 

Allah جل جلاله berfirman:

وَمِنۡهُمۡ مَّنۡ يَّقُوۡلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Di antara mereka ada juga yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Al-Baqarah ayat 201)

Dalam ayat ini, Allah memuji orang-orang yang berdoa kepadaNya dengan doa tersebut, yang mengandung permintaan kebaikan di dunia dan Akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement