Senin 16 Oct 2023 11:10 WIB

UIKA Gandeng 3 Universitas Jadikan Bogor Kota Pendidikan

Bogor direncanakan jadi kota pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BOGOR -- Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat, menggandeng tiga universitas lain, yakni Universitas Pakuan, Nusa Bangsa, dan Binaniaga Indonesia merumuskan langkah strategis menjadikan Bogor kota pendidikan.

Rektor UIKA Profesor Mujahidin, di Kota Bogor, Minggu, menerangkan dasar pemikiran kerja sama dengan tiga universitas lain untuk menjadikan Bogor kota pendidikan adalah keyakinan bahwa kemajuan suatu bangsa, termasuk kota sangat tergantung pada pendidikan yang dimilikinya.

"Oleh karena itu, para rektor berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan berkualitas di kota ini," kata dia.

Mujahidin menyampaikan untuk mewujudkan cita-cita Bogor menjadi kota pendidikan, jajaran UIKA bersama jajaran Universitas Pakuan, Universitas Nusa Bangsa dan Universitas Binaniaga telah mengadakan urun rembug di kampung UIKA pada Senin (2/10).

 

Pertemuan dihadiri oleh Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor, Profesor Mujahidin, Rektor Universitas Pakuan, Profesor Didik Notosudjono, Rektor Universitas Nusa Bangsa, Doktor Yunus Arifien dan Rektor Universitas Binaniaga Indonesia, Doktor Ismulyana Djan.

Ia menuturkan, salah satu poin penting yang dibahas adalah angka partisipasi murni dalam pendidikan di Kota Bogor, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan.

"Terutama mendatangkan mahasiswa dari luar daerah ke kota Bogor, sehingga lebih banyak warga Kota Bogor khususnya umumnya masyarakat Indonesia yang memiliki akses ke pendidikan tinggi," kata dia.

Selain itu, kata Mujahidin, dalam pertemuan itu juga membahas dampak jumlah mahasiswa terhadap ekonomi lokal. Mahasiswa pendatang berkontribusi terhadap perekonomian daerah dengan pengeluaran rata-rata sebesar Rp 3,03 juta per bulan.

Hal ini mencakup berbagai kebutuhan, seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, kesehatan, dan hiburan.

Dalam rangka mendukung visi Bogor sebagai kota pendidikan, para rektor universitas menyusun beberapa langkah strategi untuk pemerintah Kota Bogor.

Langkah-langkah tersebut ialah pertama, menyusun rencana untuk menjadikan Bogor sebagai kota pendidikan yang diintegrasikan dengan sektor pariwisata.

Kedua, mempersiapkan sarana prasarana pendidikan, termasuk pembangunan rumah susun mahasiswa, moda transportasi yang memadai, dan fasilitas lain.

Selanjutnya, ketiga melakukan sosialisasi pendidikan tinggi bersama perguruan tinggi di luar daerah untuk menarik lebih banyak mahasiswa ke Kota Bogor dan keempat mendukung pengembangan perguruan tinggi setempat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement