Sabtu 14 Oct 2023 21:00 WIB

Cuaca Ektrem, Gerakan Kepanduan Muhammadiyah Siaga Bantu Tangani Bencana

Kepanduan Muhammadiyah akan disiagakan bantu penanggulangan bencana alam.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah.
Foto: Hizbul Wathan
Kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Gerakan kepanduan Muhammadiyah Hizbul Wathan siap dikerahkan dalam penanganan bencana di setiap wilayah. Hal ini menyikapi bencana cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini.

'' Kader Hizbul Wathan dilatih berdiri sebagai garda terdepan dalam penanganan bencana,'' ujar Ketua Bidang Penuntun Perguruan Tinggi Hizbul Wathan Jabar Ucin Herpin kepada wartawan di Sukabumi, Sabtu (14/10/2023). Pernyataan tersebut disampaikan disela-sela Musyawarah Wilayah gerakan kepanduan Hizbul Wathan Jawa Barat ke-4 di Hotel Sukabumi Indah.

Baca Juga

Dalam kegiatan kepanduan ini kata Ucin digiatkan kursus penanganan kebencanan untuk tanggap. Sehingga siap menangani bencana dan selalu terdepan menangani bencana.

Lebih lanjut Ucin menuturkan, fokus Hizbul Wathan salah satunya jadi bagian teknik kepanduan untuk menciptakan dan melatih serta mendidik pemuda. Targetnya dapat menjadi pemimpin bangsa dan negara di masa depan.

 

'' Intinya melahirkan pimpinan kader Hizbul Wathan yang berkemajuan dan cetak kader pemuda yang bertanggungjawag kembangkan amanah persyarikatan Muhammadiyah,'' ungkap Ucin. Dengan kegiatan Muswil ini harapannya akan memiliki tanggungjawab dan siap jadi penerus bangsa.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Dadang Syaripudin yang hadir dalam Muswil Hizbul Wathan mengatakan, uswil ini dengan agenda menyusun program dan menetapkan kepemimpinan baru. Hal ini dengan mengacu pada keputusan persyarikatan dalam penyusunan program.

'' Dengan mengacu pada rumusan Islam berkemajuan diturunkan dalan visi Muhammadiyah unggul dan berkemajuan,'' kata Didin. Selain itu dengan memperjuan tujuan transformasi organisasi agar lebih berkemajuan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement