Jumat 13 Oct 2023 04:35 WIB

Jabodetabek Hari Ini Hujan? Ini Kata BMKG

BMKG terus memantau pergantian cuaca yang nanti akan mulai hujan.

Ilustrasi hujan
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca di seluruh wilayah DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan pada Jumat (13/10) pagi, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs webnya.

Pada siang hari, cuaca di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan akan cerah, sedangkan Jakarta Barat dan Jakarta Selatan cerah berawan.

Baca Juga

Pada Jumat malam, sejumlah wilayah DKI Jakarta diprakirakan akan cerah berawan dan Jakarta Selatan berawan.

Pada dini hari, empat wilayah DKI diprediksi cerah berawan, sedangkan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur cerah.

 

Suhu di DKI Jakarta diperkirakan berkisar 24-33 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 55-80 persen.

Daerah yang diperkirakan hujan

 

Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan mengalami hujan kategori rendah antara 0-50 milimeter (mm) dengan peluang 90 persen pada dasarian II Oktober (11-20 Oktober), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya seperti jalan licin dan genangan air.

"Sedangkan untuk wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) bagian barat diprakirakan terjadi hujan pada kategori menengah antara 50 - 150 mm dengan peluang berkisar 60 - 80 persen," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto BMKG Samarinda Riza Arian Noor di Samarinda, Kamis.

Sedangkan pada prakiraan deterministik curah hujan dasarian II Oktober 2023, secara umum wilayah Kaltim bagian timur diprakirakan terjadi curah hujan dengan intensitas rendah antara 10 - 50 mm.

Namun untuk wilayah Kaltim bagian barat diprakirakan terjadi hujan pada kategori menengah antara 50 - 150 mm. Untuk curah hujan tertinggi diprakirakan terjadi di Kabupaten Berau bagian barat dengan intensitas menengah antara 100 - 150 mm.

Pada prakiraan deterministik sifat hujan dasarian II Oktober 2023, lanjutnya, wilayah Kaltim diprakirakan didominasi dengan sifat hujan kategori bawah normal.

"Kecuali untuk Kabupaten Berau bagian barat, Kutai Timur bagian barat, sebagian kecil Kutai Kartanegara bagian utara, dan Kabupaten Mahakam Ulu bagian barat laut yang diprakirakan mengalami sifat hujan kategori normal," katanya.

Ia juga mengatakan, pada dasarian I Oktober, wilayah Kaltim umumnya mengalami curah hujan kategori rendah hingga tinggi berkisar 0 - 150 mm.

Curah hujan dengan intensitas di bawah 10 mm terjadi di sebagian besar wilayah Kaltim, sedangkan curah hujan tertinggi di atas 150 mm terjadi di Kabupaten Kutai Barat yang meliputi Kecamatan Long Iram, Damai, Nyuatan, dan Kecamatan Tering.

Sementara untuk peta monitoring hari tanpa hujan dasarian I Oktober 2023, Provinsi Kaltim pada umumnya masih mengalami hujan dan hari tanpa hujan.

Wilayah yang mengalami hari tanpa hujan memiliki kriteria sangat pendek antara 1-5 hari hingga kriteria panjang antara 21 - 30 hari.

"Hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kabupaten Paser, tepatnya di Kecamatan Tanah Grogot dan Kuaro dengan jumlah hari tanpa hujan sebanyak 22 hari," kata Riza.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement