Kamis 12 Oct 2023 15:35 WIB

Santri Diimbau Bijak Bermedsos Jelang Pemilu 2024

Santri banyak berkontribusi membangun negeri.

Ilustrasi bermedia sosial jelang pemilu 2024.
Foto: pixabay
Ilustrasi bermedia sosial jelang pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten menilai pentingnya peran nilai-nilai Islam yang diajarkan di pondok pesantren karena itu para santri diharapkan bijak dalam bermain media sosial.

"Para santri ini harus bijak dalam bermain media sosial dan waspada terhadap informasi yang salah, terutama menjelang Pemilu nanti," kata Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Provinsi Banten Abdul Rozak, di Serang, Banten, Selasa (12/10/2023).

Baca Juga

Dalam seminar wawasan kebangsaan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di lingkungan Pondok Pesantren Taktakan, Kota Serang, Banten, ia mengatakan, peran pondok pesantren dalam mendidik generasi muda memiliki peran besar kedepannya, terutama dalam pemahaman Pancasila.

"Menyoroti pentingnya pemahaman akan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta menekankan bahwa negara ini menjamin kebebasan beragama," katanya.

Selain itu, seminar ini bertujuan untuk memperkuat dan mendukung Pemilu 2024 yang aman dan damai melalui doa bersama serta deklarasi para santri.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada santri dalam mempersiapkan diri sebagai generasi muda, yang penuh dengan wawasan kebangsaan tentang peran mereka dalam menjaga persatuan dan keamanan NKRI serta berperan aktif dalam Pemilu mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Ma’had Al Abqary, Sahid mengatakan, dengan menekankan pentingnya wawasan kebangsaan dalam lingkungan pondok pesantren diharapkan para santri yang didominasi generasi mudah menjadi pemilih cerdas.

"Ini sebagai bentuk upaya kita agar Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan damai tanpa kerusuhan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement