Kamis 12 Oct 2023 09:35 WIB

Al Aqsa, Masjid Kedua yang Dibangun di Bumi

Masjid Al Aqsa berlokasi di Palestina.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.
Foto: republika
Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid pertama yang dibangun di permukaan bumi yakni Masjidil Haram, sementara yang kedua adalah Masjid Aqsa. Hal ini telah disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam. 

Seperti dikutip dari Masjid Al-Aqsha yang Terzhalimi oleh Abu Abdillah Syahrul Fatwa bin Lukman, Masjid al-Aqsha adalah masjid kedua yang dibangun di permukaan bumi. Dari Abu Dzar dia berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ, Wahai Rasulullah, masjid apa yang pertama kali dibangun di permukaan bumi? 

Baca Juga

Nabi ﷺ menjawab: al-Masjid al-Haram. Kemudian setelahnya masjid apa? Beliau menjawab; masjid al-Aqsha.

Aku bertanya kembali; berapa lama jarak pembangunannya, beliau menjawab; empat puluh tahun. Di manapun kamu mendapati shalat, maka shalatlah di dalammya, karena keutamaannya ada di dalamnya”. (HR Bukhari dan Muslim).

Allah bercerita tentang hal ini dalam firman-Nya,

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. (QS. al-Israa ayat 1).

Para ulama mengatakan, Andaikan tidak ada keutamaan lain untuk masjid al-Aqsha selain ayat ini saja, maka hal itu sudah cukup. (Fadhail al-Masjid al-Aqsha, Syaikh DR.Abdurrazzaq al-Badr)

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement