Sabtu 07 Oct 2023 09:17 WIB

Rutinkan Sholat Sholat Dhuha dan Rasakan Manfaatnya Ini untuk Tubuh Anda  

Sholat Dhuha mempunyai sejumlah keutamaan yang besar

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat dhuha. Sholat Dhuha mempunyai sejumlah keutamaan yang besar
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi sholat dhuha. Sholat Dhuha mempunyai sejumlah keutamaan yang besar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Usia masih muda namun banyak sendi-sendi yang terasa mudah sakit dan linu, mudah pegal-pegal dan badan terasa kaku. Beberapa orang sering menganggap ini sakit rematik, sehingga mereka memilih mencegah dari mengkonsumsi daging-dagingan. 

Padahal, kondisi tersebut bisa saja terjadi karena persendian kita menuntut makanan. Rasulullah  SAW mengatakan, bahwa amalan sedekah dapat mencukupi kebutuhan makanan setiap persendian itu. 

Baca Juga

عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أأَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ  أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ  صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَييُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Dari [Abu Dzarr] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: "Setiap pagi dari persendian masing-masing kalian ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma'ruf nahyi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan dua rakaat dhuha." (HR Muslim, Ahmad bin Hanbal dan Abu Dawud)  

 

Dikutip dari buku “The Ultimate Power of Sholat Dhuha” karya Zezen Zainal Alim, Imam Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari mengatakan bahwa salah satu faedah sholat dhuha adalah diberinya 'pahala bersedekah' untuk seluruh sendi manusia setiap hari. Dan, jumlah sendi itu adalah 360 sendi.

Betapa tingginya nilai pahala sholat dhuha dan alangkah makmurnya pahala seorang mukmin yang rajin melakukan sholat dhuha. Jika setiap kali kita mengerjakan sholat tersebut pada setiap paginya, kita seakan-akan mendapatkan pahala sebanyak pahala yang akan kita terima jika memberikan sedekah kepada seluruh persendian tubuh yang berjumlah 360 sendi itu.

Baca juga: Alquran Sebut Ada Makhluk Hidup di Luar Angkasa, tapi Apakah Alien? Ini Kata Prof Quraish

Jadi, jika satu kali saja pelaksanaan sholat dhuha dapat memberikan 360 pahala, alangkah besarnya jumlah pahala yang bisa dikumpulkan kita jika tidak pernah terputus melaksanakan sholat dhuha sepanjang hidup.

Di samping itu, ada hal lain yang tampaknya lebih penting dari sekadar persoalan hitungan-hitungan pahala. Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan setiap persendian yang dimiliki, menurut Rasulullah, menuntut makanan setiap harinya. Amalan sedekahlah yang dapat memenuhi kebutuhan makan setiap persendian itu.

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

Dan sholat dhuha merupakan salah satu bentuk amalan sedekah yang mampu mencukupi kebutuhan makan seluruh persendian tubuh. Jika persendian-persendian tubuh tidak terpenuhi “kebutuhannya”, lama-kelamaan persendian itu akan mengalami pengeroposan spiritual, bahkan mungkin juga fisik.

Hal ini berarti bahwa setiap persendian yang seharusnya menjadi penopang kehidupan spiritual seorang hamba, menjadi tidak berfungsi secara optimal jika persendian-persendian itu kekurangan asupan “makanan" yang menjadi penyangga "hidupnya."

Dengan demikian, sholat dhuha tidak hanya menjanjikan limpahan pahala yang akan menjadi bekal dalam kehidupan kelak, melainkan juga kekuatan spiritual bahkan mungkin juga kekuatan fisik.

Pelaksanaan sholat dhuha merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa terima kasih dan wujud syukur kepada Allah SWT, yakni syukur atas nikmat dan karunia kesehatan serta kebugaran pada setiap sendi tubuh. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement