Jumat 29 Sep 2023 19:25 WIB

Erick Thohir Ziarahi Makam Pendiri NU di Tebuireng, PBNU: Di Mana Kemusyrikannya?

Ziarah kubur paling tidak memiliki dua tujuan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Menteri BUMN yang juga Ketua PSSI Erick Thohir ziarah ke makam Gus Dur.
Foto:

“Saya kira melihatnya dari aspek itu, tidak perlu untuk terlalu dibawa kepada situasi kontestasi perpolitikan saat ini,” kata Gus Aab.

“Saya kira ziarah kubur itu adalah suatu hal yang disunahkan dan siapapun ketika melakukan itu dengan tujuan yang benar dan cara yang benar itu akan mendapatkan banyak faedah,” jelas dia.

Sebelumnya, Erick Thohir ziarah ke kompleks makam Tebuireng Jombang pada Kamis (28/9/2023). "Hari ini saya menziarahi makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari di Tebuireng, Jombang. Beliau adalah pendiri sekaligus Rais Akbar Nahdlatul Ulama, yang juga seorang pahlawan nasional," kata Erick Thohir dalam Instagram pribadinya @erickthohir, Jumat (29/09/2023).

Bagi Erick Thohir, Mbah Hasyim merupakan pejuang Islam dan pejuang kebangsaan. Dia pun mengutip dawuh Mbah Hasyim, membela tanah air adalah bagian dari ajaran Islam. Keduanya harus berjalan beriringan dan saling menguatkan.

 

"Saya yakin, apa yang telah dibangun Mbah Hasyim di masa lalu, harus kita jaga dan kita pertahankan hari ini dan di masa depan. Saya akan berikhtiar sekuat tenaga untuk menjaga warisan ini sebaik-baiknya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement