Rabu 27 Sep 2023 11:10 WIB

Muslim di Dunia Memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Umat Muslim umumnya mengumandangkan shalawat bagi Nabi Muhammad SAW.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam berkumpul di tempat suci Sunni Abdul-Qadir al-Gailani untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Bagdad, Irak, Selasa, (26/9/2023).
Foto: AP Photo/Hadi Mizban
Umat Islam berkumpul di tempat suci Sunni Abdul-Qadir al-Gailani untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Bagdad, Irak, Selasa, (26/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Muslim di seluruh dunia akan merayakan ulang tahun kelahiran Nabi Muhammad saw, hari yang dianggap sangat penting oleh seluruh umat Islam. Tahun ini, maulid Nabi Muhammad dilakukan pada 27 September atau 12 Rabiul Awwal dalam kalender jihriyah.

Dilansir di Anadolu Agency, Rabu (27/9/2024), umat Islam dari segala usia berduyun-duyun ke masjid untuk berdoa dan melafalkan shalawat yang diperuntukkan untuk Nabi Muhammad saw pada kesempatan yang dikenal sebagai Mawlid al-Nabawi.

Baca Juga

Pada malam suci ini, umat Islam mengucapkan doa mereka dan membaca Alquran di rumah dan masjid mereka. Selain sholat, mereka juga memuji Allah dan Nabinya. Serangkaian kegiatan, konser, pameran dan program keagamaan juga diselenggarakan pada siang hari di seluruh dunia.

Muslim di seluruh dunia merayakan tanggal 12 Rabi-ul-Awwal, dengan hari yang bervariasi dari satu negara ke negara lain sesuai dengan kalender lunar. Nabi meninggal dunia di hari yang sama dengan kelahirannya pada usia 63 tahun.

 

Hari itu adalah hari libur umum di beberapa negara mayoritas Muslim, termasuk Pakistan, Indonesia, Malaysia, Bangladesh dan beberapa bagian India. Namun, sebagian kelompok yang lain tidak melakukannya.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/world/muslims-worldwide-to-mark-prophet-muhammads-birth/3001444
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement