Ahad 24 Sep 2023 09:58 WIB

Pengalaman Sebuah Madrasah Ibtidaiyah Tanamkan Disiplin ke Anak Didik

Madrasah Ibtidaiyah latih kemandirian-kedisiplinan siswa lewat kegiatan Pramuka

Ilustrasi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Ilustrasi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bigo Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara (Sulut), melatih kemandirian dan kedisiplinan siswa lewat kegiatan Pramuka.

"Kami melakukan kegiatan Perkemahan Jumat-Minggu (Perjusami) di Bumi Perkemahan halaman Madrasah," kata Ketua Yayasan Pendidikan Islam Bolmong Utara (YPIBMU) Ismail Paputungan, di Boroko, Sabtu (24/9/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, ada sebanyak 34 peserta didik mengikuti kegiatan ini, terbagi dalam dua regu, regu putra sebanyak 20 orang, dan regu putri dan sebanyak 14 orang.

Kepala Madrasah Karim Abas mengatakan, kegiatan pramuka ini diperlukan untuk melatih kemandirian para siswa, melatih kedisiplinan.

Juga, katanya, membentuk karakter gotong royong dan kerja sama, belajar mencintai alam dan belajar berorganisasi.

"Diharapkan kegiatan ini dapat membentuk kepribadian peserta didik untuk menjadi terampil dan berbudi pekerti luhur sebagaimana yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya Pramuka itu sendiri,” ujar Karim.

Mendidik para siswa, katanya, bukan hanya dari sisi pelajaran akademik, melainkan kepribadian dan kelakuan juga menjadi hal yang sangat penting.

Kemenag, menurut dia, akan terus mendukung semua kegiatan madrasah, untuk menghasilkan siswa yang berkualitas guna meneruskan cita-cita bangsa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement