Kamis 21 Sep 2023 12:34 WIB

Masjid Sheikh Zayed Solo Terima Persembahan Alquran Raksasa dari Jokowi

Jokowi menulis sendiri huruf 'ba' yang terdapat dalam Alquran tersebut.

Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H  di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah menerima persembahan Alquran raksasa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diserahkan pada Kamis pagi (21/9/2023). Rektor UNSIQ Wonosobo Zaenal Sukawi mengatakan persembahan mushab Alquran akbar Joko Widodo tersebut sudah dilaksanakan pada pukul 06.15-06.25 WIB.

 

Baca Juga

"Sudah berjalan dengan lancar, beliau berpesan dengan penyerahan Alquran akbar tersebut bermanfaat bagi masyarakat Solo dan Wonosobo, Jawa tengah," katanya.

 

Ia mengatakan yang menarik adalah Presiden Jokowi menulis sendiri huruf 'ba' yang terdapat dalam Alquran tersebut. Menurut dia, penulisan sudah dilakukan pada 16 Juni 2017 bertepatan dengan malam 21 Ramadhan 1438 H di Wonosobo, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Asy'ariah Wonosobo.

"Sebenarnya nggak sampai empat tahun (proses pembuatan Alquran raksasa), 2,5 tahun lalu sudah selesai. Waktu mau dipersembahkan pas musim Covid-19. Ini akhirnya dipersembahkan dan tadi Pak Jokowi menerima persembahan (dari UNSIQ untuk kemudian diserahkan ke Masjid Sheikh Zayed)," katanya.

Ia mengatakan Alquran raksasa tersebut berukuran 3x2 meter ketika dibuka dan saat ditutup berukuran 2x1,5 meter. Sementara itu, penyerahan Alquran di masjid tersebut bertepatan dengan selesainya pembangunan masjid.

 

"Ini takdir Allah karena pada saat penulisan kan belum ada masjid ini, ini takdir betul dari Allah, pas mau dipersembahkan ada masjid ini. Melengkapi mushab Alquran akbar, nanti di masjid ini juga akan terbangun Bustanul Quran, (untuk) membesarkan dan membumikan nilai-nilai Quran, nanti juga akan di sini," katanya.

 

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo sejak sehari sebelumnya. Pada Rabu (20/9/2023) Jokowi menghadiri Apel Akbar KOKAM di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement