Rabu 20 Sep 2023 18:31 WIB

Kemarau Berkepanjangan, DMI Serukan Masjid Seluruh Indonesia Gelar Sholat Istisqa

Hujan belum turun di banyak wilayah Tanah Air.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Musim kemarau. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Musim kemarau. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyerukan seluruh masjid di Indonesia menggelar Sholat istisqa atau sholat minta hujan menyusul kemarau panjang berkepanjangan di berbagai daerah. Hal ini disampaikan DMI melalui Surat edaran nomor 157.D/SEM/PP-DMI/IX/2023 yang ditandatangani Ketua DMI, Jusuf Kalla dan Sekjen DMI Imam Addarquni.

"DMI meminta pengurus DMI di semua tingkatan bersama DKM/Takmir masjid untuk melaksanakan sholat minta hujan yang digelar di lapangan maupun di halaman masjid yang luas pada bulan September 2023," ujar JK melalui surat edaran DMI dikutip Rabu (20/9/2023).

Baca Juga

DMI juga meminta khotib sholat Istisqa dalam khutbahnya mengajak umat Islam memperbanyak istigfar dan berdoa semoga Allah segera menurunkan hujan yang menjadi kebutuhan warga di seluruh negeri. 

"Agar khatib Shalat Istisqa mengajak umat islam bertaubat (meminta ampunan atas segala dosa) memperbanyak istigfar dan berdoa sungguh-sungguh semoga Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan seluruh bangsa ini," ujarnya.

 

Seruan DMI untuk Shalat Istiqa dikarenakan kemarau Panjang yang melanda sebagain besar wilayah Indonesia mengakibatkan kekeringan dan krisis air pada 63 Persen wilayah Indonesia. Bahkan akibat kemarau Panjang ini telah menimbulkan korban jiwa yakni 6 warga di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, akhir juli silam. Selain itu kemarau panjang ini juga mengakibatkan sejumlah petani mengalami gagal panen, ancaman kelaparan dan kemiskinan mengancam warga saat ini. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement