Selasa 19 Sep 2023 15:46 WIB

Megawati Tinjau Museum Nasional Indonesia Pascakebakaran

Ketum PDIP Megawati dan Sekjen Hasto didampingi Mendikbud Nadiem mendatangi museum.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Megawati kunjungi Museum Nasional Indonesia pascakebakaran di Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).
Foto: Republika.co.id
Megawati kunjungi Museum Nasional Indonesia pascakebakaran di Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mendatangi Museum Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023). Agenda peninjauan putri proklamator Bung Karno tersebut dilakukan pascakebakaran yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam WIB.

 

Baca Juga

Pantauan Republika.co.id, Megawati tiba di Museum Nasional Indonesia pada sekira pukul 15.04 WIB. Dia hadir bersama dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto menggunakan mobil berpelat B 42. Keduanya kemudian didampingi Mendikbud Nadiem Makarim meninjau lokasi kebaran.

 

Terlihat pengamanan di kawasan Museum Nasional Indonesia cukup ketat. Sejumlah pasukan Brimob telah tiba di depan kawasan museum sejak sekira pukul 14.50 WIB. Personel kepolisian juga tampak berjaga di sekitat kawasan museum.

 

Belum diketahui tujuan Megawati meninjau Museum Nasional Indonesia, apakah melakukan pengecekan koleksi dan benda-benda bersejarah yang terbakar atau ada kepentingan lainnya.

 

Sebelumnya diketahui, insiden kebakaran Museum Nasional Indonesia terjadi pada Sabtu (16/9/2023) sekira pukul 20.00 WIB. Penyebab kebakaran itu diduga masalah korsleting listrik yang berasal dari bedeng tukang.

 

Bangunan yang terdampak akibat insiden tersebut adalah Gedung A Museum Nasional Indonesia. Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) mencatat ada 817 koleksi dan benda-benda bersejarah di enam ruangan di Gedung A yang terdampak kebakaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement